PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SKI SISWA KELAS IV MI DARUSSALAM NGENTRONG CAMPURDARAT TULUNGAGUNG

EGIN IRA PUSPITA, 1725143074 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SKI SISWA KELAS IV MI DARUSSALAM NGENTRONG CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (403kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (631kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (207kB)
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (179kB)

Abstract

ABSTRAK Egin Ira Puspita . 1725143074. 2018 , Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Minat dan Hasil Belajar Mata Pelajaran SKI Siswa Kelas IV MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung, dibimbing oleh Sutopo, M.Pd. Kata kunci: Talking Stick, Minat Belajar, Hasil Belajar Pendidikan memiliki fungsi sebagai pendorong atau pengantar siswa dalam mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya, untuk menjadi manusia yang lebih baik. Tantangan bagi para pengajar adalah bagaimana cara agar siswa dapat menyerap pelajaran serta memahaminya dengan baik dan pengajar dapat menjelaskan materi dengan baik. Dalam proses pembelajaran guru harus kreatif dan bisa menciptakan model pembelajaran yang menyenangkan. Seorang siswa akan lebih mudah menerima materi ang diajarkan oleh guru jika mereka merasakan kesenangan melalui variasi pembelajaran. Salah satu variasi pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi yakni model pembelajaran kooperatif yang mengutamakan kerjasama di antara siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam penelitian ini di spesifikasikan ke model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dimana para siswa bermain stick atau tongkat dengan bernyanyi saat pembelajaran. Diharapkan model pembelajaran ini dapat memiliki pengaruh terhadap minat serta hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam khususnya. Berdasarkan dari pengertian diatas maka penelitian ini mengambil judul Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Minat dan Hasil belajar Mata Pelajaran SKI Siswa Kelas IV MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini, 1) Apakah ada pengaruh model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap minat belajar siswa mata pelajaran SKI siswa kelas IV di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung? 2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar mata pelajaran SKI siswa kelas IV di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung? 3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap minat dan hasil belajar mata pelajaran SKI siswa kelas IV di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung?. Tujuan dari penelitian ini yakni: 1) Mengetahui minat belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick pada mata pelajaran SKI siswa kelas IV di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung 2) Mengetahui hasil belajar siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada mata pelajaran SKI siswa kelas IV di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung 3) Mengetahui minat dan hasil belajar peserta didik terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada mata pelajaran SKI siswa kelas IV di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah eksperimen, populasinya seluruh siswa kelas IV MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung, sampelnya 35 orang, teknik samplingnya menggunakan simple random sampling, variabel penelitiannya adalah variabel bebas (independent variabel) yakni model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dan variabel terikat (dependent variable) yakni minat dan hasil belajar mata pelajaran SKI, teknik dan instrument pengumpulan data adalah angket dan tes. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji Multivariate Analisist of Variance (MANOVA) dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap minat belajar SKI siswa yang dibuktikan dengan nilai Sig.(2-tailed) adalah 0,000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05, maka ditolak dan diterima, itu berarti ada pengaruh yang siginifikan antara model pembelajaran talking stick terhadap minat belajar mata pelajaran SKI siswa kelas IV MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung 2) adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar SKI siswa yang dibuktikan dengan nilai Sig.(2-tailed) adalah 0,000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05, maka ditolak dan diterima, itu berarti ada pengaruh yang siginifikan antara model pembelajaran talking stick terhadap minat belajar mata pelajaran SKI siswa kelas IV MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung 3) adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap minat dan hasil belajar SKI siswa yang dibuktikan dengan nilai Sig.(2-tailed) adalah 0,000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05, maka ditolak dan diterima, itu berarti ada pengaruh yang siginifikan antara model pembelajaran talking stick terhadap minat dan hasil belajar mata pelajaran SKI siswa kelas IV MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung. Berdasarkan hasil dari penelitian, adanya pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap minat dan hasil belajar mata pelajaran SKI siswa kelas IV MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung. Disarankan bagi guru untuk senantiasa mengembangkan model pembelajaran dalam mengajar siswa. Disarankan pula bagi siswa untuk meningkatkan minat belajar pada dirinya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143074 EGIN IRA PUSPITA
Date Deposited: 04 Jul 2018 03:03
Last Modified: 04 Jul 2018 03:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8201

Actions (login required)

View Item View Item