HELDA OKTA SARI, 1725143117 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS IV MIN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (641kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (390kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (581kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (478kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (747kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (517kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (120kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas IV MIN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Helda Okta Sari, NIM. 172514311. Pembimbing Sutopo, M. Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing, Motivasi dan Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa peneliti menerapkan sebuah model pembelajaran Snowball Throwing dalam proses pembelajaran. Peneliti ini dilaksanakan di MIN 3 Tulungagung pada kelas IV. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap motivasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak siswa kelas IV MIN 3 Tulungagung 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak siswa kelas IV MIN 3 Tulungagung 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap motivasi dan hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak siswa kelas IV MIN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunkan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian quasi eksperimental design (eksperimen semu) dengan model desain yang digunakan adalah non equivalent posttest-only control group designs. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIN 3 Tulungagung yang berjumlah 66 siswa. Dalam pengampilan sampel digunakan teknik purposive sampling, dengan kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV C sebagai kelas kontrol. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah 1) tes, 2) angket, 3) observasi, dan 4) dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur motivasi belajar siswa dan tes yang berupa post test untuk mengukur hasil belajar siswa sesudah diberi perlakuan. Instrumen soal sebelum digunakan untuk memperoleh data yang objektif, maka terlebih dahulu dilakukan pengujian validasi dan reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan uji MANOVA yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil motivasi siswa kelas eksperimen sebesar 98, 82, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 92, 27. Hasil uji statistik di peroleh F hitung eksperimen sebesar 10,121 dengan signifikan 0,003. Sedangkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 89,77, sedangkan kelas kontrol sebesar 83,41. Hasil uji statistik di peroleh F hitung sebesar 4,211 dengan signifikan 0,046.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143117 HELDA OKTA SARI |
Date Deposited: | 06 Aug 2018 08:32 |
Last Modified: | 06 Aug 2018 08:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8206 |
Actions (login required)
View Item |