YUYUN RIDHOWATI, 1724143272 (2018) PERBEDAAN PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII TERKAIT MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL MTs NEGERI 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (315kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (110kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (575kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (723kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (536kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (504kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (516kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (195kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (166kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Pembelajaran dengan Model Problem Based Learning dan Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Terkait Materi Persamaan Linear Satu Variabel MTs Negeri 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Yuyun Ridhowati, NIM 1724143272, pembimbing Umy Zahroh, Ph.D. Kata kunci: Model pembelajaran PBL, TGT, Hasil Belajar, Motivasi Belajar. Model pembelajaran merupakan salah satu bagian terpenting dalam kegiatan pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika. Pemilihan model pembelajaran yang sesuai dengan materi dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa, seperti dalam penelitian ini peneliti menggunakan model pembelajaran PBL dan TGT pada materi persamaan linear satu variabel. Karena, model pembelajaran PBL dan TGT merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung selama kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu peneliti membandingkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa yang di ajar menggunakan model pembelajaran PBL dan TGT. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Apakah ada perbedaan pembelajaran dengan model PBL dan TGT terhadap hasil belajar siswa kelas VII terkait materi persamaan linear satu variabel MTs Negeri 3 Tulungagung? (2) Apakah ada perbedaan pembelajaran dengan model PBL dan TGT terhadap motivasi belajar siswa kelas VII terkait materi persamaan linear satu variabel MTs Negeri 3 Tulungagung? (3) Apakah ada perbedaan pembelajaran dengan model PBL dan TGT terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas VII terkait materi persamaan linear satu variabel MTs Negeri 3 Tulungagung? (4) Model manakah yang lebih efektif digunakan pada materi persamaan linear satu variabel kelas VII MTs Negeri 3 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Teknik sampling dalam penelitian ini purposive sampling. Sampel penelitian ini kelas VII-D dan kelas VII-E. Seluruh sampel berjumlah 75 siswa. Sumber data penelitian ini adalah data primer. Terknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan tes dan kuisioner, tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar dan kuisioner digunakan untuk memperoleh data tentang motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada perbedaan pembelajaran dengan model PBL dan TGT terhadap hasil belajar siswa kelas VII terkait materi persamaan linear satu variabel MTs Negeri 3 Tulungagung, (2) Ada perbedaan pembelajaran dengan model PBL dan TGT terhadap motivasi belajar siswa kelas VII terkait materi persamaan linear satu variabel MTs Negeri 3 Tulungagung, (3) Ada perbedaan pembelajaran dengan model PBL dan TGT terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas VII terkait materi persamaan linear satu variabel MTs Negeri 3 Tulungagung (4) Model pembelajaran PBL lebih efektif digunakan pada materi persamaan linear satu variabel kelas VII MTs Negeri 3 Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1724143272 YUYUN RIDHOWATI |
Date Deposited: | 18 Jul 2018 02:05 |
Last Modified: | 18 Jul 2018 02:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8222 |
Actions (login required)
View Item |