PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN THINK PAIR SHARE (TPS) SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 POGALAN PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS TAHUN AJARAN 2017/2018

LIYA NUR QORI’AH, 1724143141 (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN THINK PAIR SHARE (TPS) SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 POGALAN PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (892kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (775kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (379kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (629kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (148kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (357kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Discovery Learning dan Think Pair Share (TPS) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pogalan Pada Materi Teorema Pythagoras Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Liya Nur Qori’ah, NIM. 1724143141, Pembimbing Ibu Umy Zahroh, Ph.D. Kata Kunci : Discovery Learning, Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar. Rendahnya kemampuan siswa dalam pelajaran matematika yang disebabkan siswa menganggap matematika sebagai sesuatu yang menakutkan, karena rumus-rumus yang ada dalam matematika terlalu banyak dan bermacam-macam sehingga sulit untuk memahami. Selain itu proses pembelajaran di sekolah tersebut masih menerapkan model konvensional yang mengakibatkan siswa bosan dan tidak memperhatikan pelajaran yang sedang diajarkan. Sehingga menyebabkan hasil belajar siswa kurang baik. Berdasarkan hal tersebut, dalam proses pembelajaran perlu menggunakan model pembelajaran yang melibatkan siswa aktif langsung. Model pembelajaran tersebut adalah Model Discovery Learning dan Think Pair Share (TPS). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika dengan menggunakan model Discovery Learning dan Think Pair Share (TPS) siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pogalan pada materi teorema pythagoras tahun ajaran 2017/2018, (2) model mana yang lebih efektif digunakan pada materi teorema pythagoras kelas VIII SMP Negeri 1 Pogalan tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pogalan 2017/2018. Pengambilan sampel dignakan teknik purpossive sampling, dengan kelas VIII B sebagai kelompok eksperimen satu yang diterapkan model Discovery Learning dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dua yang diterapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Teknik pengumpulan data (1) Observasi (2) Dokumentasi (3) Tes dan Angket. Teknik analisis data menggunakan uji t dua sampel independent. Hasil penelitian menunjukkan, (1) ada perbedaan hasil belajar matematika dengan menggunakan model Discovery Learning dan Think Pair Share (TPS) siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pogalan pada materi teorema pythagoras tahun ajaran 2017/2018 yang dibuktikan dengan uji hipotesis diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu 3,731 > 2,301084, (2) model Discovery Learning lebih efektif digunakan pada materi teorema pythagoras kelas VIII SMP Negeri 1 Pogalan tahun ajaran 2017/2018 daripada Think Pair Share (TPS) berdasarkan hasil yang diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kelas Discovery Learning sebesar 89,13 lebih tinggi daripada rata-rata kelas Think Pair Share (TPS) yaitu 81,13.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143141 LIYA NUR QORI’AH
Date Deposited: 06 Jul 2018 02:15
Last Modified: 06 Jul 2018 02:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8224

Actions (login required)

View Item View Item