PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MIN 4 TULUNGAGUNG

RINA NATALIA, 1725143250 (2018) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa MIN 4 Tulungagung” ini di tulis oleh Rina Natalia, NIM. 1725143250, Pembimbing Germino Wahyu Broto, M.Si Kata Kunci : Motivasi Belajar, Lingkungan Sekolah, Prestasi Belajar Motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu untuk meningkatkan Prestasi belajar. Dorongan tersebut harus ada salah satunya dari lingkungan sekolah. Sedangkan lingkungan sekolah adalah tempat dimana berlangsungnya kegiatan siswa belajar bersama teman-temannya. Sehingga motivasi belajar dan lingkungan sekolah saling berkaitan untuk meningkatkan prestasi belajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan adanya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V MIN 4 Tulungagung 2) Untuk menjelaskan adanya pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas V MIN 4 Tulungagung 3) untuk menjelaskan adanya pengaruh motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas V MIN 4 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian adalah 44 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan koesioner (angket) dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V MIN 4 Tulungagung. Hal ini dapat dilihat pada nilai T hitung = 3,468 > T tabel = 1,681 yaitu pada taraf signifikan 0.05 dan nilai sig. 0.001 < 0.05. 2) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas V MIN 4 Tulungagung. Hal ini dapat dilihat pada nilai T hitung = -0,279 < T tabel= 1,681 yaitu pada taraf signifikan 0.05 dan nilai sig. 0,782 > 0.05. 3) Ada pengaruh bersama-sama yang signifikan antara motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas V MIN 4 Tulungagung. Hal ini dapat dilihat pada nilai F hitung = 6,114 > F tabel=3,22 yaitu pada taraf signifikan 0.05 dan nilai sig. 0.005 < 0.05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143250 RINA NATALIA
Date Deposited: 15 Aug 2018 07:01
Last Modified: 15 Aug 2018 07:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8303

Actions (login required)

View Item View Item