RINA NATALIA, 1725143250 (2018) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (471kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (519kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (405kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (215kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa MIN 4 Tulungagung” ini di tulis oleh Rina Natalia, NIM. 1725143250, Pembimbing Germino Wahyu Broto, M.Si Kata Kunci : Motivasi Belajar, Lingkungan Sekolah, Prestasi Belajar Motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu untuk meningkatkan Prestasi belajar. Dorongan tersebut harus ada salah satunya dari lingkungan sekolah. Sedangkan lingkungan sekolah adalah tempat dimana berlangsungnya kegiatan siswa belajar bersama teman-temannya. Sehingga motivasi belajar dan lingkungan sekolah saling berkaitan untuk meningkatkan prestasi belajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan adanya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V MIN 4 Tulungagung 2) Untuk menjelaskan adanya pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas V MIN 4 Tulungagung 3) untuk menjelaskan adanya pengaruh motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas V MIN 4 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian adalah 44 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan koesioner (angket) dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V MIN 4 Tulungagung. Hal ini dapat dilihat pada nilai T hitung = 3,468 > T tabel = 1,681 yaitu pada taraf signifikan 0.05 dan nilai sig. 0.001 < 0.05. 2) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas V MIN 4 Tulungagung. Hal ini dapat dilihat pada nilai T hitung = -0,279 < T tabel= 1,681 yaitu pada taraf signifikan 0.05 dan nilai sig. 0,782 > 0.05. 3) Ada pengaruh bersama-sama yang signifikan antara motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas V MIN 4 Tulungagung. Hal ini dapat dilihat pada nilai F hitung = 6,114 > F tabel=3,22 yaitu pada taraf signifikan 0.05 dan nilai sig. 0.005 < 0.05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143250 RINA NATALIA |
Date Deposited: | 15 Aug 2018 07:01 |
Last Modified: | 15 Aug 2018 07:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8303 |
Actions (login required)
View Item |