Sholihah, Arifatus (2012) Penerapan metode jarimatika untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika materi pokok perkalian pada siswa kelas IV MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung tahun pelajaran 2011/2012. [ Skripsi ]
Text
ABSTRAK.docx Download (21kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.docx Download (20kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (40kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (389kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (46kB) |
|
Text
bab IV.docx Download (367kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (23kB) |
Abstract
Kata Kunci: metode jarimatika, motivasi dan hasil belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti pada pelajaran Matematika yang menunjukkan bahwa siswa kurang aktif dan kurang termotivasi untuk belajar sehingga pemahaman materi siswa kurang. Hal ini ditunjukkan dengan masih rendahnya hasil belajar yang dicapai siswa. Untuk itu, penelitian tindakan kelas ini mencoba menggunakan metode jarimatika pada materi operasi hitung perkalian 6 sampai 10. Peneliti mengamati gambar pada kelas IV MI Tarbiyarussibyan Boyolangu Tulungagung, dengan alasan pembelajaran ini melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan metode jarimatika, pembelajaran ini diharapkan siswa banyak berpartisipasi aktif sehingga siswa menjadi lebih senang antusias dalam belajar yang akhirnya siswa lebih mudah memahami materi yang dipelajarinya dan hasil belajar meningkat. Fokus penelitian : (1) Bagaimana penerapan metode jarimatika pada materi perkalian siswa kelas IV MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung? (2) Bagaimana motivasi belajar siswa dengan penerapan metode jarimatika pada materi perkalian siswa kelas IV MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung? (3) Bagaimana hasil belajar siswa dengan penerapan metode jarimatika pada materi perkalian kelas IV MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung? Manfaat Penelitian : (1) Bagi Siswa: Siswa termotivasi dan aktif belajar, hasil belajar siswa menjadi meningkat. (2) Bagi Guru: Dapat mengidentifikasi permasalahan yang timbul di kelas, sekaligus mencari solusinya, Hasil penelitian digunakan untuk bahan pertimbangan sebagai upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika di sekolah. (3) Bagi Sekolah: Hasil penelitian dapat dijadikan dasar pengambilan kebijaksaan peningkatan efektivitas pembelajaran matematika di sekolah. (4) Bagi Peneliti Lain: Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahwa pertimbangan untuk pengembangan dalam penelitian. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi dalam melakukan penelitian yang lebih lanjut. Metode Penelitian :1). Jenis dan Desain penelitian: Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. 2). Subyek Penelitian: Siswa Kelas IV MI Tarbiyatussibyan Boyolangu dengan jumlah siswa 8 anak. 3). Teknik Pengumpulan Data: tes, wawancara, observasi, angket motivasi dan catatan lapangan. 4). Analisis data dilakukan dengan cara (1) mereduksi data, (2) menyajikan data, dan (3) menyimpulkan data Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata dari pra tindakan 67,25 presentase ketuntasan (25%), tes siklus I rata-rata 73,75 presentase ketuntasan (50%), tes siklus II rata-rata 88,25 presentase ketuntasan (100%). Anktivitas peneliti dan siswa juga mengalami peningkatan, hal ini dapat ditunjukkan pada prosentase nilai peneliti pada siklus I sebesar 64,47% dan pada aktivitas siswa 65,29%. Pada siklus II aktivitas peneliti sebesar 86,84% dan pada aktivitas siswa 87,17%. Selain itu, adanya peningkatan motivasi siswa yang ditunjukkan dengan nilai dari angket motivasi, pada siklus I hasilnya 54,68 dan pada siklus II hasil yang diperoleh 70,62%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode jarimatika dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas IV MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung. Saran bagi peneliti lain lain yang berminat melaksanakan pembelajaran melalui metode jarimatika ini mencapai hasil maksimal, peneliti sebaiknya benar- benar mengarahkan dan memantapkan materi kepada siswa untuk memperoleh pengetahuan konseptual dan pengetahuan proseduralnya secara mandiri. Sehingga akan lebih mudah dalam memahami suatu materi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 26 Jan 2015 07:53 |
Last Modified: | 26 Jan 2015 07:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/831 |
Actions (login required)
View Item |