FITROTUL MARATIS SHOLIHAH, 17506164025 (2018) KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR SISWA (Studi Multisitus Di Sekolah Menengah Kejuruan 1 Bandung Tulungagung dan Sekolah Menengah Kejuruan Al – Anwar Trenggalek Tahun Ajaran 2017/ 2018). [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (147kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (67kB) |
||
|
Text
BAB 1.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (589kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 4.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 6.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (47kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Fitrotul maratis sholihah, nim. 17506164025. “Kreativitas guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kualitas belajar siswa (studi multisitus di sekolah menengah kejuruan 1 bandung tulungagung dan sekolah menengah kejuruan al – anwar trenggalek tahun ajaran 2017/ 2018). Program pascasarjana, prodi pendidikan agama islam, iain tulungagung, pembimbing: Prof. Dr. H. Akyak, M.Ag dan Dr. H. Chusnul khotimah, M.Ag Kata kunci : kreativitas guru, kualitas belajar Latar belakang: adanya proses pembelajaran pai yang cenderung monoton dan kurang efektif. Masalah ini yang harus diperhatikan oleh guru pai , bagaimana seorang guru pai berkreatif dalam meningkatkan kualitas belajar siswa, seperti membuat kegiatan belajar mengajar lebih menarik, mengecek pekerjaan siswa, memberikan tugas atau mungkin membuat kelompok belajar agar siswa saling berdiskusi dan sebagainya, supaya anak didik mempunyai peluang untuk berperan aktif sehingga anak didik mampu mengubah tingkah lakunya secara lebih efektif dan efisien. Fokus penelitian : (1) Bagaimana kreativitas guru pai dalam menggunakan metode pembelajaran dalam meningkatkan kualitas belajar siswa di smkn 1 bandung tulungagung dan smk al – anwar trenggalek tahun ajaran 2017/ 2018? (2) Bagaimana kreativitas guru pai menggunakan sumber belajar dalam meningkatkan kualitas belajar siswa di smkn 1 bandung tulungagung dan smk al – anwar trenggalek tahun ajaran 2017/ 2018? (3) Bagaimana kreativitas guru pai mengelola kelas dalam meningkatkan kualitas belajar siswa di smkn 1 bandung tulungagung dan smk al – anwar trenggalek tahun ajaran 2017/ 2018? Tujuan penelitian : (1) Untuk mendeskripsikan kreativitas guru pai dalam menggunakan metode pembelajaran dalam meningkatkan kualitas belajar siswa di smkn 1 bandung tulungagung dan smk al – anwar trenggalek tahun ajaran 2017/ 2018. (2) Untuk mendeskripsikan kreativitas guru pai menggunakan sumber belajar dalam meningkatkan kualitas belajar siswa di smkn 1 bandung tulungagung dan smk al – anwar trenggalek tahun ajaran 2017/ 2018. (3) Untuk mendeskripsikan kreativitas guru pai mengelola kelas dalam meningkatkan kualitas belajar siswa di smkn 1 bandung tulungagung dan smk al – anwar trenggalek tahun ajaran 2017/ 2018. Metode penelitian: penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan multisitus di smkn 1 bandung tulungagung dan smk al – anwar trenggalek. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam dua tahap, yaitu analisis situs tunggal dan analisis lintas situs. Analisis data tunggal dimaksudkan untuk menjabarkan temuan – temuan dari kedua sekolah. Sedangakan, analisis lintas situs dimaksudkan sebagai proses membandingkan temuan-temuan yang diperoleh dari masing-masing situs sekaligus sebagai proses memadukan temuan antar situs. Serta dalam pengecekan keabsahan datanya menggunakan kredibilitas, transferbilitas, dependebilitas, dan konfirmabilitas Hasil penelitian: pertama, kreativitas guru pai menggunakan metode pembelajaran dalam meningkatkan kualitas belajar siswa di smkn 1 bandung tulungagung dan smk al –anwar durenan trenggalek adalah guru menggunakan metode ceramah, menggunakan metode tanya jawab, menggunakan metode penugasan, dan menggunakan metode demonstrasi, metode short card, metode uswatun hasanah. Penggunaan metode tersebut disesuaikan menyesuaikan antara metode yang digunakan dengan materi yang akan disampaikan. Selain itu, dalam interaksi proses belajar mengajar, sebaiknya guru tidak hanya menggunakan satu metode saja, karena tidak ada metode pembelajaran yang sempurna, karena setiap metode memiliki kelebihan sekaligus kekurangan, sehinga guru patut untuk menggunakan beberapa metode pembelajaran dalam satu kali tatap muka. Kedua, kreativitas guru pai menggunakan sumber belajar dalam meningkatkan kualitas belajar siswa di smkn 1 bandung tulungagung dan smk al –anwar durenan trenggalek adalah guru menggunakan beberapa sumber belajar yang sesuai dengan materi pembelajaran dan yang dapat digali informasi dan pengetahuannnya seperti buku-buku pelajaran yang telah disediakan di perpustakaan, lks, internet maupun alam sekitar. Sumber belajar tidak hanya di dapat dari buku-buku saja, tetapi langsung berbaur dengan alam sehingga siswa mampu memaknai dan mensyukuri ciptaan-nya.. Ketiga, kreativitas guru pai mengelola kelas dalam meningkatkan kualitas belajar siswa di smkn 1 bandung tulungagung dan smk al –anwar durenan trenggalek adalah guru menekankan pada hal – hal yang posiif dan menghindari pemusatan perhatian siswa pada hal – hal yang negatif, Guru berusaha menjalin hubungan dengan murid agar dalam pembelajaran terjalin komunikasi yang baik, Guru melakukan usaha pengelolaan kelas dengan memberikan pertanyaan dan tugas/bahkan menegur dengan kata-kata yang tidak menyinggung, dan Guru berusaha merubah pola tempat duduk siswa di kelas.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17506164025 FITROTUL MARATIS SHOLIHAH |
Date Deposited: | 19 Jul 2018 01:12 |
Last Modified: | 19 Jul 2018 01:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8326 |
Actions (login required)
View Item |