RIF’ATUL KHUSNA, 1725143245 (2018) PENGARUH PERSEPSI SISWA PADA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (455kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (967kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (934kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (137kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Persepsi Siswa Pada Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Motivasi Belajar dan Minat Belajar Siswa MIN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Rif’atul Khusna, NIM. 1725143245, pembimbing Germino Wahyu Broto, M.Si. Kata Kunci: Pengaruh Persepsi Pada Komunikasi Interpersonal Guru, Motivasi Belajar, Minat Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena kuragnya komunikasi interpersonal guru berdasarkan persepsi siswa di dalam proses belajar mengajar. Pada kenyataannya keadaan guru dan kualitas pembelajaran tergolong baik. Akan tetapi masih terdapat beberapa kendala dalam pengelolaan kelas dan mengenai komunikasi interpersonal guru dalam mengajar kurang maksimal. Hal itu sejatinya sangat mempengaruhi tingkat motivasi belajar dan minat belajar siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Dalam hal ini peneliti berusaha untuk mencari ada atau tidaknya pengaruh presepsi siswa pada komunikasi interpersonal guru terhadap motivasi belajar dan minat belajar siswa MIN 4 Tulungagung. Rumusan Masalah dalam skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh persepsi siswa pada komunikasi interpersonal guru terhadap motivasi belajar dan minat belajar siswa kelas V MIN 4 Tulungagung? (2) Adakah pengaruh persepsi siswa pada komunikasi interpersonal guru terhadap minat belajar siswa kelas V MIN 4 Tulungagung?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh persepsi siswa pada komunikasi interpersonal guru terhadap motivasi belajar siswa kelas V MIN 4 Tulungagung. (2) Mengetahui ada tidaknya pengaruh persepsi siswa pada komunikasi interpersonal guru terhadap minat belajar siswa kelas V min 4 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis non eksperimental yaitu penelitian korelasional kausal (hubungan sebab akibat). Penelitian korelasional merupakan penelitian yang ditujukan untuk mengetahui hubungan suatu variabel dengan variabel-variabel lain. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas V MIN 4 Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah Uji Regeresi Linier Sederhana. Pada analisis data menggunakan uji Regresi Linier Sederhana Sebanyak dua kali yang pertama untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa pada komunikasi interpersonal guru terhadap motivasi belajar siswa, yang kedua untuk mengetahui pengaruh presepsi siswa pada komunikasi interpersonal guru terhadap minat belajar siswa. Hasil analisis data untuk pengaruh presepsi siswa pada komunikasi interpersonal guru terhadap motivasi belajar siswa menunjukkan bahwa nilai F_hitung = 94,892 ≥ F_tabel = 3,23 dan Sig. 0,000 ≤ 0,05maka hipotesis nihil ditolak. Hasil analisis data untuk pengaruh persepsi siswa pada komunikasi interpersonal guru terhadap minat belajar siswa menunjukkan bahwa nilai F_hitung = 203,009 ≥ F_tabel = 3,23 dan Sig. 0,000 ≤ 0,05 maka hipotesis nihil ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa hipotesis kerja diterima ada pengaruh persepsi siswa pada komunikasi interpersonal guru terhadap motivasi belajar dan minat belajar siswa kelas V MIN 4 Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143245 RIF’ATUL KHUSNA |
Date Deposited: | 07 Sep 2018 07:37 |
Last Modified: | 20 Sep 2018 13:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8413 |
Actions (login required)
View Item |