PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH WAHID HASYIM BAKUNG BLITAR

LILIK LIYA AGUSTIN, 1725143156 (2018) PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH WAHID HASYIM BAKUNG BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Lilik Liya Agustin, 1725143156, Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik MI Wahid Hasyim Bakung Blitar. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I Kata Kunci: Role Playing, Minat Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar peserta didik karena sebagian besar guru mengajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Sehingga peneliti melakukan eksperimen pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran role playing untuk mengetahui pengaruhnya terhadap minat dan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Apakah ada pengaruh yang positif antara penggunaan metode role playing terhadap minat belajar siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Bakung Blitar?, (2) Apakah ada pengaruh yang positif antara penggunaan metode role playing terhadap hasil belajar siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Bakung Blitar?, (3) Adakah pengaruh metode role playing terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Bakung Blitar? . Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan pengaruh yang positif antara penggunaan metode role playing terhadap minat belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Bakung Blitar., (2) Untuk menjelaskan pengaruh yang positif antara penggunaan metode role playing terhadap hasil belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Bakung Blitar., (3)Untuk menjelaskan pengaruh metode role playing terhadap minat dan hasil belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Bakung Blitar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu, teknik sampling menggunakan teknik pertimbangan (purposive sampling). Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas 1-VI MI Wahid Hasyim Bakung Blitar, sampel yang diambil adalah peserta didik kelas III-A dan III-B MI Wahid Hasyim Bakung Blitar. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t dan Anova 2 jalur, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil uji t angket minat diperoleh nilai Sig < 0,05 yaitu 0,004 < 0,05 sehingga H_o ditolak dan H_a diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran role playing terhadap minat belajar Akhidah Akhlak peserta didik kelas III MI Wahid Hasyim Bakung Blitar, (2) Hasil uji t post test diperoleh nilai Sig < 0,05 yaitu 0,022 < 0,05 sehingga H_o ditolak dan H_a diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran role playing terhadap hasil belajar Akhidah Akhlak peserta didik kelas III MI Wahid Hayim Bakung Blitar, (3) Hasil uji Anova 2 jalur angket minat dan post test diperoleh nilai Sig < 0,05 yaitu 0,002 < 0,05 sehingga H_o ditolak dan H_a diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan metodel pembelajaran role playing terhadap minat dan hasil belajar Akhidah Akhlak peserta didik kelas III MI Wahid Hasyim Bakung Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S.Pd 1725143156 LILIK LIYA AGUSTIN
Date Deposited: 31 Jul 2018 06:22
Last Modified: 31 Jul 2018 06:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8462

Actions (login required)

View Item View Item