PENGARUH STRATEGI INDEX CARD MATCH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS IV SDIT AL-ASROR RINGINPITU KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

JIHAN ALHANIN CHOIR, 1725143141 (2018) PENGARUH STRATEGI INDEX CARD MATCH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS IV SDIT AL-ASROR RINGINPITU KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)

Abstract

ABSTRAK Jihan Alhanin Choir. I725143141. 2018. Pengaruh Strategi Index Card Match Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas IV SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung. Pembimbing Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci: Index Card Match, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar. Motivasi dan hasil belajar yang rendah disebabkan guru masih menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Sehingga siswa kurang aktif dalam menerima pelajaran dari guru. Guru menerangkan semua materi yang akan dibahas, sedangkan siswa dituntut untuk mendengarkan penjelasan guru. Siswa seringkali terlihat bercerita dan bercanda dengan siswa yang lain. Hal ini dapat mengganggu kelancaran dalam pembelajaran dikelas, sehingga dapat menimbulkan siswa cepat bosan dalam mengikuti proses pembelajaran. Banyak sekali strategi pembelajaran yang dapat merangsang siswa aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah strategi Index Card Match, dimana strategi pembelajaran ini melibatkan aktivitas siswa dan bersifat menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah; 1) untuk mengetahui pengaruh strategi Index Card Match terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran IPA kelas IV SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung, 2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi Index Card Match terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas IV SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung, 3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi Index Card Match terhadap motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas IV SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain non-equivalen control group design, teknik sampling dengan purposive sampling. Sampel terdiri 19 subjek kelompok eksperimen dan 19 subjek kelompok kontrol. Teknik pengumpul data menggunakan instrumen angket dan tes. Instrumen angket digunakan untuk mengukur motivasi belajar siswa. Penilaian hasil belajar menggunakan tes yaitu pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji-t yang sebelumnya telah diuji prasyarat (homogenitas dan normalitas), kemudian dilanjutkan dengan uji anova 2 jalur (MANOVA) untuk mengetahui pengaruh strategi Index Card Match terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung mata pelajaran IPA materi Sumber Energi Panas dan Energi Bunyi. Hasil penelitian ini adalah, 1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara strategi Index Card Match terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas IV SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0,035. Nilai Sig. (2-tailed) 0,035 < 0,05; 2) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara strategi Index Card Match terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung dengan Sig. (2-tailed) 0,002. Nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05 ; dan 3) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara strategi Index Card Match terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung dengan Sig. sebesar 0,02. Nilai Sig. 0,02 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143141 JIHAN ALHANIN CHOIR
Date Deposited: 30 Jul 2018 02:34
Last Modified: 30 Jul 2018 02:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8466

Actions (login required)

View Item View Item