PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTs AL-GHOZALI PANJEREJO REJOTANGAN

ASEP BAHRUDIN, 1721143067 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTs AL-GHOZALI PANJEREJO REJOTANGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di MTs Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan.” ditulis oleh Asep Bahrudin, NIM. 1721143067, Jurusan Pendidikan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung. Pembimbing Dr. Nur Efendi, M.Ag Kata Kunci: Model Pembelajaran Example Non Example,Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Rendahnya minat siswa dalam pembelajaran Fiqih dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan dari tujuan pembelajaran yaitu hasil belajar siswa itu sendiri. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya ialah penerapan model pembelajaran yang konvensional, sehingga siswa menjadi kurang berfikir kritis dan tidak aktif dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang tepat dalam proses belajar mengajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu model pembelajaran Example Non Example. Melalui model pembelajaran ini, siswa dituntut untuk aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, hal ini diharapkan dapat meningkatkan keberhasilan tujuan pembelajaran Fiqih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dan seberapa besar pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di MTs Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis desain penelitiannya adalah eksperimen semu dari jenis penelitian hubungan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan dengan 2 sampel yaitu kelas VIII-A sejumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sejumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol yang diambil secara purpose sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih. Hal ini dapat dilihat dari t_(hitung ) (5,745) > t_tabel(2,001). Untuk uji T diperoleh melalui hasil pre test dan post tets dari kedua sampel dengan cara mencari Compare Means dan Independent Sample T Test. 2) Nilai pengaruh model pembelajaran Example Non Example untuk peningkatan pembelajaran Ta’bir Syafahi berada dalam kriteria tinggi, hal ini dibuktikan dengan menggunakan rumus effect size dengan hasil hitung Cohen ’s d effect size sejumlah 1,510 (93,3%).

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143067 ASEP BAHRUDIN
Date Deposited: 26 Jul 2018 04:10
Last Modified: 26 Jul 2018 04:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8488

Actions (login required)

View Item View Item