PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS MATERI GEOMETRI SISWA KELAS VII DI SMPN 1 PANGGUL TAHUN AJARAN 2017/2018

WAHYU DESIYANI, 1724143260 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS MATERI GEOMETRI SISWA KELAS VII DI SMPN 1 PANGGUL TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (299kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (132kB)
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran CORE Dengan Pendekatan Open-Ended Terhadap Pemahaman Dan Kemampuan Representasi Matematis Materi Geometri Siswa Kelas VII Di SMPN 1 Panggul” ini ditulis oleh Wahyu Desiyani, NIM. 1 724143260 dengan pembimbing Musrikah, M.Pd. Kata Kunci: Pengaruh, CORE, Open-ended, Pemahaman, Representasi, Geometri. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa kemampuan matematis siswa Indonesia dalam mengerjakan soal-soal tidak rutin sangat lemah. Kemampuan matematis tersebut diantaranya adalah pemahaman dan kemampuan representasi matematis. Hal ini diakibatkan proses pembelajaran yang kurang menarik dan cenderung berpusat pada guru. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa diperlukan pembelajaran yang menarik dan kebebasan dalam berpikir sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Oleh karena itu, guru harus mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan materi yang diajarkan serta karakter siswa yang diajar agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran CORE dengan pendekatan Open-Ended terhadap pemahaman dalam materi geometri siswa kelas VII di SMPN 1 Panggul. (2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran CORE dengan pendekatan Open-Ended terhadap kemampuan representasi matematis dalam materi geometri siswa kelas VII di SMPN 1 Panggul. (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran CORE dengan pendekatan Open-Ended terhadap pemahaman dan kemampuan representasi matematis dalam materi geometri siswa kelas VII di SMPN 1 Panggul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa SMPN 1 Panggul yaitu kelas VII-A (kelas eksperimen) dan VII-B (kelas kontrol). Sedangkan mata pelajaran yang diteliti adalah matematika dengan materi geometri khususnya pokok bahasan rumus luas dan keliling persegi dan persegi panjang. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran CORE dengan pendekatan Open-Ended terhadap pemahaman dalam materi geometri siswa kelas VII SMP Negeri 1 Panggul. (2) Ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran CORE dengan pendekatan Open-Ended terhadap kemampuan representasi matematis dalam materi geometri siswa kelas VII SMP Negeri 1 Panggul. (3) Ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran CORE dengan pendekatan Open-Ended terhadap pemahaman dan kemampuan representasi matematis dalam materi geometri siswa kelas VII SMP Negeri 1 Panggul.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143260 WAHYU DESIYANI
Date Deposited: 26 Jul 2018 06:42
Last Modified: 26 Jul 2018 06:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8501

Actions (login required)

View Item View Item