SITI MUKAROMAH, 1721143377 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN METODE JIGSAW DENGAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTs DARUL HUDA WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (730kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (101kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Metode Jigsaw dengan Media Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Siti Mukaromah, NIM 1721143377, pembimbing Dr. Khoirul Anam, M. Pd. I. Kata kunci: Metode Jigsaw, Media Mind Mapping, dan Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh metode pembelajaran yang digunakan masih satu arah dan belum bervariasi sehingga peserta didik merasa bosan dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Selain itu, peserta didik juga kurang termotivasi dalam kegiatan pembelajaran karena materi pembelajaran yang sangat banyak sehingga peserta didik merasa tidak dilibatkan dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Untuk itu dalam penelitian ini yang digunakan yaitu metode jigsaw dengan media mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah “Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Jigsaw dengan media Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen semu. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Darul Huda Wonodadi Blitar berjumlah 90 siswa. Sampel yang dijadikan penelitian adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 24 siswa dan B sebagai kelas kontrol yang dengan jumlah 19 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. analisis data menggunakan uji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas, dan hipotesis menggunakan uji-t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode jigsaw dengan media mind mapping. P-Value yang diperolehdari uji-t adalah 0,000 dengan ᾳ = 0,05 hal ini menunjukkan bahwa PValue < ᾳ maka H1 diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode jigsaw dengan media mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs Darul Huda Wonodadi Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143377 SITI MUKAROMAH |
Date Deposited: | 26 Jul 2018 07:40 |
Last Modified: | 26 Jul 2018 07:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8505 |
Actions (login required)
View Item |