HAFIDA HATMAM MUNA, 1725143110 (2018) PENGARUH KEGIATAN KEROHANIAN ISLAM TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI MIN 9 BLITAR TAHUN 2017/2018. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (442kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (602kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (180kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (90kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (177kB) |
Abstract
ABSTRAK Hafida Hatmam Muna, 1725143110, Pengaruh Kegiatan Kerohanian Islam terhadap Pembentukan Akhlak Siswa di MIN 9 Blitar. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Drs. Jani, MM., M.Pd Kata Kunci: Kegiatan Kerohanian Islam, akhlak siswa kepada Alloh, akhlak siswa kepada lingkungan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah peristiwa bahwasanya pendidikan akhlak diluar kelas yang dikemas dalam bentuk kegiatan kerohanian Islam yang merupakan suatu bentuk lain dari penyampaian mata pelajaran keagamaan atau pembelajaran aqidah akhlak. Pembahasanya yang mempelajari bagaimana akhlak siswa kepada Alloh dan akhlak siswa kepada lingkungan. Dalam hal ini peneliti menghubungkan antara pengaruh kegiatan kerohanian Islam terhadap pembentukan akhlak siswa di MIN 9 Blitar. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Adakah pengaruh kegiatan kerohaniaan Islam terhadap pembentukan akhlak siswa kepada Alloh di MIN 9 Blitar tahun ajaran 2017/2018? (2) Adakah pengaruh kegiatan kerohaniaan Islam terhadap pembentukan akhlak siswa kepada lingkungan di MIN 9 Blitar tahun ajaran 2017/2018? (3) Adakah pengaruh kegiatan kerohanian Islam terhadap pembentukan akhlak siswa kepada Alloh dan lingkungan di MIN 9 Blitar tahun ajaran 2017/2018?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan pengaruh kegiatan kerohaniaan Islam terhadap pembentukan akhlak siswa kepada Alloh di MIN 9 Blitar tahu ajaran 2017/2018, (2) Untuk menjelaskan pengaruh kerohanian Islam terhadap pembentukan akhlak siswa kepada lingkungan di MIN 9 Blitar tahun ajaran 2017/2018, (3) Untuk menjelaskan pengaruh kegiatan kerohanian islam terhadap pembentukan akhlak siswa kepada Alloh dan lingkungan di MIN 9 Blitar tahun ajaran 2017/2018. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian penelitian lapangan (field research), penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan subyek penelitian sebanyak 50, sampel yang diambil adalah peserta didik yang mengikuti kegiatan kerohanian Islam di MIN 9 Blitar. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan uji manova yang sebelumnya diuji prasyarat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan antara kegiatan kerohanian Islam terhadap pembentukan akhlak siswa kepada Alloh. Dari hasil analisi data pada taraf interfal 5% menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,004 < 0,05 sehingga Ha: diterima dan H0: ditolak. (2) ada pengaruh yang signifikan antara kegiatan kerohanian Islam terhadap pembentukan akhlak siswa kepada lingkungan. Dari hasil analisis data pada taraf interfal 5% menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,018 < 0,05 sehingga Ha: diterima dan H0: ditolak. (3) ada pengaruh yang signifikan antara kegiatan kerohanian Islam terhadap pembentukan akhlak siswa di MIN 9 Blitar. Hasi analisis data pada taraf interfal 5% menunjukkan bahwa nilai keduanya <0,05 sehingga Ha:diterima dan H0: ditolak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143110 HAFIDA HATMAM MUNA |
Date Deposited: | 30 Jul 2018 06:57 |
Last Modified: | 30 Jul 2018 06:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8544 |
Actions (login required)
View Item |