PENGARUH PEMBERIAN REWARD dan PUNISHMENT TERDAHAP HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 NGUNUT TULUNGAGUNG

NUR ISNAINIYAH, 1721143317 (2018) PENGARUH PEMBERIAN REWARD dan PUNISHMENT TERDAHAP HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (846kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (593kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (520kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (899kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (893kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (176kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Nur Isnainiyah, NIM: 1721143317. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan judul:; “Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Ngunut. Dosen Pembimbing H. Abdulloh Chakim, M.pd, NIP 19730107199803 1 003. Kata Kunci: Reward, Punishment dan Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih dijumpai siswa yang tidak fokus dalam proses pembelajaran. Ditambah adanya kemampuan guru yang berbeda dalam menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan peserta didik. Maka dari itu, perlu suatu metode untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu pemberian penguatan berupa reward (hadiah) dan punishment (hukuman). Penguatan positif dalam bentuk reward diberikan sebagai bentuk apresiasi pendidik kepada peserta didik karena menunjukkan sikap positif yang ditunjukkan peserta didik, sedangkan penguatan negatif dalam bentuk punishment merupakan bentuk perhatian yang diberikan pendidik kepada peserta didik karena peserta didik menunjukkan sikap negatif atau pelanggaran. Dengan adanya kedua metode tersebut diharapkan siswa tidak akan bosan dalam proses pembelajaran dikelas, sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai. Dalam penelitian ini, peneliti bermaksud mengungkap tingkat kebermanfaatan atau keefektifan pemberian reward dan punishment kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Ngunut dihubungkan dengan hasil belajar PAI siswa tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Adakah pengaruh reward terhadap hasil belajar PAI siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Ngunut ? (2) Adakah pengaruh punishment terhadap hasil belajar PAI siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Ngunut ? (3) Adakah pengaruh reward dan punishment terhadap hasil belajar PAI siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Ngunut ?. Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pengaruh reward terhadap hasil belajar PAI siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Ngunut. (2) Mengetahui pengaruh punishment terhadap hasil belajar PAI siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Ngunut. (3) Mengetahui pengaruh reward dan punishment terhadap hasil belajar PAI siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Ngunut. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X MIPA yang berjumlah lima kelas dengan jumlah keseluruhan 178 siswa, sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 siswa ditentukan dengan tehnik proporsional random sampling diambil 20% dari setiap kelas. Metode pengambilan data pemberian reward dan punishment menggunakan kuesioner model skala likert. Dan variabel hasil belajar PAI menggunakan dokumentasi sekolah berupa nilai raport semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Tehnik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan tehnik analisis secara parsial (Uji T) dan tehnik analisis secara simultan (Uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan pemberian reward terhadap hasil belajar PAI siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Ngunut. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan pemberian punishment terhadap hasil belajar PAI siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Ngunut. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan pemberian reward dan punishment terhadap hasil belajar PAI siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Ngunut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143317 NUR ISNAINIYAH
Date Deposited: 09 Aug 2018 03:53
Last Modified: 09 Aug 2018 03:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8580

Actions (login required)

View Item View Item