PERILAKU PEDAGANG PAKAIAN DI BANDUNG TULUNGAGUNG DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM

RISKI UMI NAFIAH, 2824123043 (2018) PERILAKU PEDAGANG PAKAIAN DI BANDUNG TULUNGAGUNG DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (931kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perilaku Pedagang Pakaian di Bandung Tulungagung dalam Perspektif Etika Bisnis Islam” ini ditulis oleh Riski Umi Nafi’ah, Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum, Jurusan Hukum Keluarga, Istitut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh H. Dede Nurohman, M.Ag Kata Kunci: Perilaku Pedagang, Etika Bisnis Islam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku pedagang yang tidak sesuai dengan apa yang telah diterapkan dalam etika bisnis Islam. Prinsip pengetahuan akan etika bisnis Islam mutlak harus dimiliki oleh setiap individu yang melakukan kegiatan ekonomi baik itu seorang pebisnis atau pedagang yang melakukan aktivitas ekonomi. Terutama para pedagang di pasar tradisional yang melakukan transaksi jual beli. Menurut pengamatan sementara yang di lakukan peneliti kepada pedagang pasar Bandung bahwa para pedagang tidak menepati janji yang dibuat dengan pembeli. Selain itu, ada pedagang ketika melayani pembeli tidak bersikap ramah atau murah hati dengan ditandai pelayanan dengan mimik judes. Fokus penelitiannya adalah adalah 1) Bagaimana pemahaman tentang Etika Bisnis dalam Islampara pedagang pakaian di pasar tradisional tradisional Bandung Tulungagung? 2) Bagaimana perilaku pedagang pakaian di pasar tradisional Bandung Tulungagung ditinjau dari perspektif etika bisnis Islam? Jenis penelitian yang digunakan penelitian ini jika ditinjau dari lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara (interview), dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah 1) reduksi data, 2) penyajian data dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah 1) Pemahaman tentang Etika Bisnis dalam Islam para pedagang pakaian di pasar tradisional tradisional Bandung Tulungagung adalah a) Pedagang tradisional di pasar Bandung Tulungagung dalam menjalankan aktivitas bisnis telah memahami barang-barang yang dilarang oleh agama Islam untuk diperjual belikan. b) Menghadapi pembeli dengan ramah tamah dan sopan pelanggan tidak bakalan kabur, dan sopan santun. c) Perilaku pedagang muslim ditunjukkan dengan bermurah hati kepada pembeli, d) Menjalankan aktivitas usaha dagang yang dilakukan para pedagang di pasar tradisional Tulungagungsemata-mata untuk mencari berkah dari Allah SWT. e) Pemahaman para pedagang mengenai kejujuran dalam menjalankan usaha harus ada, karena kejujuran merupakan kunci mencapai derajat yang lebih tinggi baik secara materi maupun di sisi Allah SWT. 2) Perilaku pedagang pakaian di pasar tradisional Bandung Tulungagung ditinjau dari perspektif etika bisnis Islam yaitu: a) Prinsip Ketauhidan, b) Prinsip Keseimbangan, c) Prinsip Kehendak Bebas, d) prinsip pertanggungjawaban, e) Prinsip Ihsan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 2824123043 RISKI UMI NAFIAH
Date Deposited: 03 Aug 2018 03:20
Last Modified: 03 Aug 2018 03:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8599

Actions (login required)

View Item View Item