PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AIR DENGAN SETTING MODEL TGT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

SONA ADIANI FARIHA, 1724143238 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AIR DENGAN SETTING MODEL TGT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (742kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (384kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (751kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (432kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran AIR dengan Setting Model TGT Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung” ditulis oleh Sona Adiani Fariha, NIM. 1724143238, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Eni Setyowati S.Pd., MM. Kata Kunci: AIR, TGT, Motivasi, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan di bidang ilmu pendidikan dan teknologi yang semakin pesat akan mempengaruhi perkembangan dan kemajuan masyarakat di berbagai bidang. Untuk itu diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas yang mampu menopang perkembangan pendidikan dan teknologi tersebut. Dalam hal ini, pendidikan mempunyai peran penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga dapat mengembangkan potensi yang dimiliki. Salah satu disiplin ilmu dalam sistem pendidikan adalah matematika. Namun tidak semua siswa menyukai matematika. Oleh karena itu, penggunaan model pembelajaran AIR dengan Setting Model TGT dianggap mampu membantu dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus dan balok). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran AIR dengan setting model TGT terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung tahun pelajaran 2017/2018, 2) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran AIR dengan setting model TGT terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung tahun pelajaran 2017/2018, 3) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran AIR dengan setting model TGT terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung, sementara sampel penelitian ini kelas VIII-G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-F sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik cluster sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Analisis data menggunakan uji t dan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran AIR dengan setting model TGT terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan oleh perhitung uji t diperoleh t_tabel=1,677<t_hitung=2,503 dan Sig. (2-tailed) =0,016<0,05; 2) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran AIR dengan setting model TGT terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan oleh perhitung uji t diperoleh t_tabel=1,677<t_hitung=2,049 dan Sig. (2-tailed) =0,046<0,05; 3) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran AIR dengan setting model TGT terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan oleh perhitung uji MANOVA diperoleh nilai Sig. =0,045<0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143238 SONA ADIANI FARIHA
Date Deposited: 07 Aug 2018 04:12
Last Modified: 07 Aug 2018 04:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8623

Actions (login required)

View Item View Item