Implementasi Model Pembelajaran Kooeratif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) dengan Teknik Quiz untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika Materi Limas dan Prisma Tegak pada siswa kelas VIII-C Sunan Ampel Ringinrejo Kediri tahun ajaran 2011/2012

Fitriani, Endah (2012) Implementasi Model Pembelajaran Kooeratif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) dengan Teknik Quiz untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika Materi Limas dan Prisma Tegak pada siswa kelas VIII-C Sunan Ampel Ringinrejo Kediri tahun ajaran 2011/2012. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (77kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (76kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (19kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img] Text
D. Pustaka.docx

Download (18kB)

Abstract

Kata kunci : Model Kooperatif Tipe TGT, Quiz, Prestasi Belajar Matematika Beberapa penyebab kurangnya prestasi belajar matematika siswa kelas VIII-C MTs Sunan Ampel adalah 1) Siswa kurang memperhatikan materi yang disampaikan karena munculnya rasa bosan dengan model pembelajaran yang monoton yaitu lebih banyak didominasi oleh guru dan siswa pandai saja sedangkan siswa yang kurang pandai cenderung bersifat pasif, 2) Siswa tidak menyukai matematika karena menganggap bahwa matematika adalah mata pelajaran yang sulit dimengerti. Dalam penelitian ini peneliti memilih materi sifat-sifat, jaring-jaring, luas permukaan dan volume bangun ruang Limas dan Prisma Tegak dengan mengunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan teknik Quiz sebagai upaya dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Pembelajaran menggunakan metode kooperatif tipe TGT dengan tekhnik Quiz ini diharapkan dapat memotivasi siswa dan menjadikan kegiatan belajar mengajar menjadi menyenangkan, sehingga prestasi siswa bisa meningkat. Fokus penelitian ini adalah: 1). Bagaimana pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dengan Teknik Quiz yang dapat meningkatkan prestasi siswa kelas VIII-C Sunan Ampel Ringinrejo Kediri pada pelajaran matematika materi limas dan prisma tegak ? 2). Bagaiamana respon siswa kelas VIII-C Sunan Ampel Ringinrejo Kediri terhadap metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dengan Teknik Quiz ? Adapun tujuan penelitian dalam hal ini adalah : 1). Untuk mendeskripsikan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dengan Teknik Quiz yang dapat meningkatkan prestasi siswa kelas VIII-C Sunan Ampel Ringinrejo Kediri pada pelajaran matematika materi limas dan prisma tegak. 2). Untuk mengetahui respon siswa kelas VIII-C Sunan Ampel Ringinrejo Kediri terhadap metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dengan Teknik Quiz. Penelitian ini mengunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun tekhnik pengumpulan datanya mengunakan tes, dan observasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar matematika siswa kelas VIII-C MTs Sunan Ampel. Sedangkan metode observasi digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran matematika, dan respon siswa. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan metode kooperatif tipe TGT dengan teknik Quiz akhirnya dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan meode kooperatif tipe TGT dengan tekhnik Quiz dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Adapun penerapan pembelajran meliputi: Tahap awal 1) Guru membagi 20 siswa kelas VIII-C dalam 5 kelompok belajar kooperatif yang masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang siswa, 2) Guru menjelaskan materi secara garis besar saja. Tahap inti 1) Presentasi kelompok, 2) Pemberian soal Quiz. Tahap akhir 1) Pemberian post tes (soal tes evaluasi). Sedangkan untuk prestasi belajar siswa meningkat dapat dilihat dari proses belajar mengajar dan nilai tes akhir. Untuk hasil observasi pada siklus I pengamatan aktivitas peneliti 85 % , aktivitas siswa 78,18 % masuk dalam kategori baik dan cukup, pada siklus II pengamatan aktivitas peneliti 91,67 %, aktivitas siswa 92,72% masuk dalam kategori sangat baik. Begitu juga dengan hasil evaluasi yang menunjukkan bahwa pada siklus I ketuntasan belajar siswa belum tercapai yaitu sebesar 75%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 92,72% yang ada diatas standar ketuntasan yang ditetapkan yaitu 85%, pada siklus II menunjukkan peningkatan sebesar 17,72%. Dengan demikian pada siklus II telah mencapai target awal bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan teknik Quiz mampu meningkatkan prestasi belajar matematika. Dalam penelitian ini siswa menunjukkan respon yang positif terhadap pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan teknik Quiz, hal tersebut dapat diketahui dari hasil tes akhir.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 28 Jan 2015 03:27
Last Modified: 28 Jan 2015 03:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/864

Actions (login required)

View Item View Item