PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERSTRUKTUR TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN SISWA KELAS VII MTs AL-MUSLIMUN KAWISTOLEGI LAMONGAN TAHUN AJARAN 2017/2018

ROISHATUL UMMAH, 1724143219 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERSTRUKTUR TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN SISWA KELAS VII MTs AL-MUSLIMUN KAWISTOLEGI LAMONGAN TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terstruktur Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perbandingan Kelas VII MTs Al-Muslimun Kawistolegi Lamongan Tahun Ajaran 2017/2018” ini di tulis oleh Roishatul Ummah dibimbing oleh Ummu Sholihah, M. Si. Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah Terstruktur, Kreativitas, Perbandingan Pemilihan model pembelajaran yang tepat akan berpengaruh pada keberhasilan proses pembelajaran. Pembelajaran yang hanya berpusat pada guru menyebabkan siswa kurang aktif. Siswa yang hanya mendengarkan materi dari guru cenderung cepat bosan dengan pembelajaran khususnya matematika. Sehingga memicu siswa kurang kreatif dalam menyelesaikan masalah matematika dan juga memicu hasil belajar siswa yang kurang optimal. Oleh karena itu dibutuhkan model pembelajaran yang inofatif. Dalam hal ini peneliti menghubungkan model pembelajaran berbasis masalah terstruktur terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa kelas VII MTs Al-Muslimun Kawistolegi Lamongan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pengaruh model pemelajaran berbasis masalah terstruktur terhadap kreativitas siswa pada materi perbandingan kelas VII MTs Al-Muslimun Kawistolegi Lamongan. 2) Mengetahui pengaruh model pemelajaran berbasis masalah terstruktur terhadap hasil belajar siswa pada materi perbandingan kelas VII MTs Al-Muslimun Kawistolegi Lamongan. 3) Mengetahui pengaruh model pemelajaran berbasis masalah terstruktur terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada materi perbandingan kelas VII MTs AlMuslimun Kawistolegi Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al-Muslimun Kawistolegi Lamongan tahun ajaran 2017/2018. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik simple random sampling, dengan kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik menggunakan Tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah t-test dan uji MANOVA. Berdasarkan analisis t-test terbukti bahwa nilai kreativitas belajar siswa lebih besar dari yaitu 4,651 > 1,697 pada taraf signifikansi 5%, nilai hasil belajar siswa lebih besar dari yaitu 7,037 > 1,697 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis uji MANOVA terbukti bahwa = 28,961 > = 3,17 pada taraf signifikansi 5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Pembelajaran Berbasis Masalah Terstruktur Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perbandingan Siswa Kelas VII MTs Al-Muslimun Kawistolegi Lamongan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143219 ROISHATUL UMMAH
Date Deposited: 08 Oct 2018 02:06
Last Modified: 08 Oct 2018 02:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8644

Actions (login required)

View Item View Item