NURUL HIDAYAH, 1726143040 (2018) PENGARUH PEMBERIAN PERMAINAN DAKON GEOMETRI TERHADAP KECERDASAN LOGIS MATEMATIKA ANAK USIA DINI KELOMPOK A DI RA RADEN FATAH PODOREJO. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (441kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (89kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (201kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (179kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nurul Hidayah NIM : 1726143040 “Pengaruh Pemberian Permainan Dakon Geometri Terhadap Kecerdasan Logis Matematika Anak Usia Dini Kelompok A Di Ra Raden Fatah Podorejo” Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Negeri (IAIN) Tulungagung, Tahun 2018 dibimbing oleh Germino Wahyu Broto, M.Si Kata Kunci : Permainan Dakon Geometri, Kecerdasan Logis Matematika Pendidikan anak usia dini memiliki perkembangan dan pertumbuhan yang harus dioptimalkan. Salah satu tugas perkembangan yaitu perkembangan kognitif. Perkembangan kognitif memiliki 8 aspek kecerdasan yang salah satu kecerdasan yaitu kecerdasan logika matematika. Konsep pembelajaran anak usia dini salah satunya adalah belajar sambil bermain. Untuk itu, pembelajaran dengan permainan dakon geometri dapat membantu anak berpikir matematis logis. Bentuk geometri yang dikenalkan adalah segi empat, segitiga dan lingkaran. Langkah-langkah yang dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri adalah mengucapkan bentuk geometri, memberi contoh bentuk benda yang sama dengan bentuk geometri, menyusun bentuk geometri menjadi suatu benda dan bercerita mengenai benda yang dibuatnya dari beberapa susunan bentuk geometri. Penelitian ini memiliki latar belakang karena peneliti memiliki ketertarikan untuk mengetahui pengaruh pemberian permainan dakon geometri terhadap kecerdasan logika matematika anak usia dini kelompok A di RA Raden Fatah Podorejo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemberian permainan dakon geometri pada kecerdasan logika matematika dibandingkan kelas yang tidak diberi. Mengetahui tingkat signifikansi pengaruh permainan dakon geometri terhadap kecerdasan logika matematika anak usia dini di RA Raden Fatah Podorejo. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, serta menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, tes lisan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok A di RA Raden Fatah Podorejo. Berdasarkan hasil analisis data diketahui: (1) Adanya pengaruh pemberian permainan dakon geometri pada kecerdasan logika matematika terhadap kelas kontrol dengan nilai selisih 2,57. (2) Adanya pengaruh yang signifikan antara pemberian permainan dakon geometri terhadap kecerdasan logika matematika dengan hasil nilai signifikansi 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa ada beda pengaruh yang signifikan antara permainan dakon geometri terhadap kecerdasan logika matematika anak usia dini kelompok A di RA Raden Fatah Podorejo.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > PAUD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 1726143040 NURUL HIDAYAH |
Date Deposited: | 06 Aug 2018 06:46 |
Last Modified: | 06 Aug 2018 06:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8651 |
Actions (login required)
View Item |