PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW ) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG

EVA FITRIA, 1724143093 (2018) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW ) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (706kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (664kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (680kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (531kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (362kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (266kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Rejotangan Tahun Pelajaran 2017/2018 Materi Lingkaran” ini ditulis oleh Eva Fitria, NIM. 1724143093, pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: PQ4R, Motivasi belajar, Hasil Belajar Penelitian ini di latar belakangi oleh pentingnya peran guru dalam menerapkan sebuah metode yang tepat dalam sebuah pembelajaran. Pelajaran matematika masih dianggap sebagai mata pelajaran yang menakutkan bagi siswa. Persepsi tersebut memungkinkan timbul dampak negatif seperti rendahnya motivasi siswa dalam belajar matematika yang berakibat pada buruknya hasil belajar mereka. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa di SMPN 1 Rejotangan apabila diterapkannya metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review). Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review) terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Rejotangan tahun pelajaran 2017/2018 materi lingkaran? (2) untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Rejotangan tahun pelajaran 2017/2018 materi lingkaran? (3) untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Rejotangan tahun pelajaran 2017/2018 materi lingkaran? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen design. Dengan mengambil sampel yaitu kelas VIII E sebagai kelas kontrol dan kelas VIII F sebaga kelas eksperimen. Pada kelas kontrol mengunakan pembelajaran konvensional sedangkan pada kelas eksperimen mengunakan metode pembelajaran PQ4R. Metode pengambilan data dengan mengunakan metode angket, tes dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang motivasi belajar siswa SMPN 1 Rejotangan yang digunakan sebagai sampel penelitian. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa SMPN 1 Rejotangan yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana, dan prasarana pendidikan dan dokumen sekolah. Hasil penelitian menunjukkan (1)ada pengaruh penerapan metode pembelajaran PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review) terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Rejotangan tahun pelajaran 2017/2018 materi lingkaran dengan nilai t_hitung (2,625)> t_tabel (2.000) (2)ada pengaruh penerapan metode pembelajaran PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Rejotangan tahun pelajaran 2017/2018 materi lingkaran dengan nilai t_hitung (2.415 )> t_tabel (2.000) (3)ada pengaruh penerapan metode pembelajaran PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Rejotangan tahun pelajaran 2017/2018 materi lingkaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143093 EVA FITRIA
Date Deposited: 03 Aug 2018 02:02
Last Modified: 03 Aug 2018 02:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8665

Actions (login required)

View Item View Item