PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS V MIN 9 BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018

NANIK INDAYAROH, 1725143198 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS V MIN 9 BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (621kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (989kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (900kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nanik Indayaroh, 1725143198, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V MIN 9 Blitar. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. H. Syamsun Ni’am, M.Ag. Kata Kunci: Motivasi belajar, Hasil Belajar, Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa pelajaran fiqih dianggap sebagai mata pelajaran yang membosankan bagi sebagian besar siswa. Dari persepsi tersebut banyak dampak negatif yang timbul, diantaranya rendahnya motivasi peserta didik dalam belajar fiqih sehingga berakibat buruk juga terhadap prestasi belajar peserta didik. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar fikih peserta didik di MIN 9 Blitar apabila diterapkannya model pembelajaran NHT (Numbred Heads Together). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap motivasi belajar Fiqih Peserta Didik kelas V MIN 9 Blitar? (2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar Fiqih Peserta Didik kelas V MIN 9 Blitar? (3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap motivasi dan hasil belajar Fiqih Peserta Didik kelas V MIN 9 Blitar? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen semu (Quasi Eksperimental) dimana dengan desain penelitian Noneequivalent Posttest-Only Control Group Desaign terdapat dua kelas yang diberi perlakuan berbeda, yakni kelas yang diberi perlakuan khusus disebut kelas eksperimen dan yang tidak diberi perlakuan khusus disebut kelas kontrol. Pada penelitian ini kelas eksperimen diberikan materi dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan kelas kontrol diberikan materi dengan menggunakan metode konvensional. Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas V MIN 9 Blitar. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi, Tes, kuesioner (angket), dan dokumentasi. Berdasarkan hasil yang diperoleh peneliti menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran materi kurban melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam materi kurban yang terlihat pada peningkatan nilai rata-rata motivasi peserta didik pada kelas yang diberikan perlakuan khusus atau kelas eksperimen adalah 81,86 dan hasil belajar peserta didik adalah 85,93. Sedangkan kelas yang tidak diberikan perlakuan khusus atau kelas kontrol nilai rata-rata motivasi belajar peserta didik adalah 60,75 dan rata-rata nilai hasil belajar peserta didik adalah 70,32.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143198 NANIK INDAYAROH
Date Deposited: 18 Sep 2018 07:58
Last Modified: 18 Sep 2018 07:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8689

Actions (login required)

View Item View Item