SEPTIANA NA’IN FADHILAH, 1725143268 (2018) ANALISIS KESALAHAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA SISWA KELAS IV SDIT Al-ASROR RINGINPITU KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (5MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (192kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (123kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (188kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (449kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (625kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (257kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (85kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (216kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Septiana Nain Fadhilah. 1725143268. 2018. Skrips dengan judul Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Pada Siswa Kelas IV SDIT AlAsror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Dosen pembimbing Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci: kesalahan siswa, prosedur newman, soal cerita. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDIT Al-Asror Ringinpitu pada mata pelajaran matematika, salah satunya dalam pembelajaran soal cerita matematika. Permasalahan yang muncul adalah apa saja jenis dan faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Fokus penelitian ini adalah (1) Kesalahan apa saja yang dilakukan oleh siswa kelas IV dalam menyelesaikan soal cerita Matematika Materi pecahan di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung? (2) faktor apa saja yang menyebabkan siswa kelas IV melakukan kesalahan dalam menyelesikan soal cerita materi pecahan di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung? (3) Bagaimana solusi untuk meminimalisir kesalahan siswa kelas IV dalam menyelesaikan soal cerita Matematika Materi pecahan di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa kelas IV dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung (2) Mengetahui faktor penyebab siswa kelas IV melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung (3) Mendiskripsikan solusi yang dapat digunakan untuk meminimalisir kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, analisis dokumen, dan wawancara dengan subjek penelitian sejumlah 39 siswa. Hasil penelitian (1) Identifikasi kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa menunjukkan bahwa subjek penelitian melakukan kesalahan pada masing-masing butir soal dengan berbagai tipe kesalahan, yakni kesalahan membaca 18 kali, kesalahan memahami masalah 22 kali, kesalahan transformasi 5 kali, kesalahan proses perhitungan 31 kali, dan kesalahan penulisan jawaban 0 kali. (2) Terdapat 3 faktor penyebab siswa melakukan kesalahan, yakni: (a) kesulitan memahami masalah, (b) tidak memahami konsep dan operasi pecahan, (c) dan karena lupa serta tidak teliti. (3) Solusi yang ditawarkan untuk meminimalisir kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita adalah dengan memperbanyak latihan mengerjakan soal cerita, membuat soal cerita dengan bahasa yang lebih komunikatif, memberikan penjelasan menggunakan alat peraga konkret.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143268 SEPTIANA NA’IN FADHILAH |
Date Deposited: | 07 Aug 2018 07:10 |
Last Modified: | 07 Aug 2018 07:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8768 |
Actions (login required)
View Item |