PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD AL IRSYAD AL ISLAMIYAH TULUNGAGUNG

NINDA ANDANI, 1725143209 (2018) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD AL IRSYAD AL ISLAMIYAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (562kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (686kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (950kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (89kB)

Abstract

ABSTRAK Ninda Andani, 1725143209, 2018, “ Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Bealajar Peserta Didik Kelas IV SD Al Irsyad Al Islamiyah Tulungagung“. Skripsi, Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) tulungagung, pembimbing Mustofa.S.S., M. Pd Kata Kunci : Contextual Teaching And Learning, Motivasi, Hasil Belajar Pendidikan memegang peranan penting sebagai salah satu pilar utama dalam menentukan pendidikan. Perubahan ke arah kemajuan dan kesejahteraan hidup yang berkualitas. Dalam hal ini persepsi siswa bahwa pelajaran akidah akhlak itu pelajaran yang diangggap membosankan membuat siswa ramai sendiri saat guru menjalaskan. Hal ini menyebabkan rendahnya motivasi siswa terhadap materi pelajaran akidah akhlak. Oleh karena itu perlu adanya pendekatan pembelajaran yang lebih inovatif dan aktif. Oleh karena itu perlu adanya pendekatan Contextual Teaching And Learning adalah pendekatan yang membuat peserta didik menjadi lebih senang dan termotivasi dalam pelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) untuk menjelaskan ada tidaknya pengaruh pendekatan contextual teaching and learning terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV SD Al Irsyad Al Islamiyah Tulungagung? 2) untuk menjelaskan ada tidaknya pengaruh pendekatan contextual teaching and learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SD Al Irsyad Al Islamiyah Tulungagung? 3) untuk menjelaskan ada tidaknya pengaruh pendekatan contextual teaching and learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Al Irsyad Al Islamiyah Tulungagung? Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen semu , teknik samplingnya menggunakan sampling jenuh dengan penentuan sampel dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Al Irsyad Al Islamiyah Tulungagung, sampel yang diambil adalah peserta didik kelas IV B dan kelas IV A SD Al Irsyad Al Islamiyah Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes,angket,wawancara,observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji manova yang sebelumnya di uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) uji t angket motivasi diperoleh nilai t_(thiting )= 3, 571 dan t_(tabel ) 2,042 pada taraf signifikansi 5% dan nilai Sig< 0,05 yaitu 0,001 < 0,05 sehingga

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143209 NINDA ANDANI
Date Deposited: 08 Aug 2018 01:55
Last Modified: 08 Aug 2018 01:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8780

Actions (login required)

View Item View Item