PENGARUH METODE BERMAIN PERAN MAKRO TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK KELAS B DI RA HALIMAH ASSA’DIYAH BUNTARAN TULUNGAGUNG

DIAN SRI WAHYUNI, 1726143008 (2018) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN MAKRO TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK KELAS B DI RA HALIMAH ASSA’DIYAH BUNTARAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (351kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (150kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dian Sri Wayuni NIM: 1726143008 “Pengaruh Metode Bermain Peran Makro Terhadap Perilaku Prososial Anak kelas B Di RA Halimah Assa’diyah Buntaran Tulungagung” Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Tahun 2018. Dibimbing oleh Germino Wahyu Broto, M. Si. Kata Kunci: Metode Bermain Peran Makro, Perilaku Prososial Para pendidik tentunya menginginkan anak-anaknya menjadi seorang yang peduli, empati, dan baik hati. Untuk menciptakan perilaku prososial seperti yang diharapkan oleh pendidik, maka harus di stimulus dengan pembelajaran yang sesuai dengan anak-anak sejak usia dini. Misalnya dengan mengajarkan perilaku berbagi dengan orang lain atau menolong sesama, karena pendidikan anak usia dini berperan penting dalam perkembangan anak, sebagai pondasi awal bagi anak sebelum memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Untuk itu, lingkungan sekolah terutama guru menjadi model dan pendorong perkembangan perilaku prososial, salah satunya dengan menggunakan metode bermain peran makro yang diterapkan ke dalam proses pembelajaran untuk menstimulasi perkembangan perilaku prososial anak. Penelitian ini didasarkan pada ketertarikan peneliti untuk mengetahui (1) adakah pengaruh metode bermain peran makro terhadap perilaku prososial anak kelas B di RA Halimah Assa’diyah Tulungagung. (2) adakah pengaruh yang signifikan metode bermain peran makro terhadap perilaku prososial anak kelas B di RA Halimah Assa’diyah Tulungagung. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1)pengaruh metode bermain peran makro terhadap perilaku prososial anak kelas B di RA Halimah Assa’diyah Buntaran Tulungagung. (2) pengaruh yang signifikan metode bermain peran makro terhadap perilaku prososial anak kelas B di RA Halimah Assa’diyah Buntaran Tulungagung. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, bentuk quasi experimental design dengan bentuk desain nonequivalen control grup design serta menggunakan metode pengumpulan data berupa checklist perilaku dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelas B di RA Halimah Assa’diyah Buntaran Tulungagung. Berdasarkan hasil analisis data diketahui: (1) Adanya pengaruh metode bermain peran makro terhadap perilaku prososial sebesar 4,5. (2) adanya pengaruh yang signifikan metode bermain peran makro terhadap perilaku prososial anak dengan hasil penelitian P (0,000) ≤ I (0,05) pada taraf signifikansi 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode bermain peran makro terhadap perilaku prososial anak kelas B di RA Halimah Assa’diyah Buntaran Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 1726143008 DIAN SRI WAHYUNI
Date Deposited: 07 Aug 2018 06:59
Last Modified: 07 Aug 2018 06:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8783

Actions (login required)

View Item View Item