PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS III DI MIN 1 TULUNGAGUNG

ENI RAHAYU, 1725143082 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS III DI MIN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (464kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (202kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Eni Rahayu, 1725143082, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas III di MIN 1 Tulungagung. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. H Syamsun Ni’am, M.ag. Kata Kunci: Model Pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD), Minat Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar siswa karena sebagian besar guru mengajar dengan menggunakan model pembelajaran yang kurang sesuai dengan materi dan juga keadaan siswa. Sehingga peneliti melakukan eksperimen pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) terhadap minat belajar fiqih siswa kelas III di MIN 1 Tulungagung?, (2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) terhadap hasil belajar fiqih siswa kelas III di MIN 1 Tulungagung?, (3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) terhadap minat dan hasil belajar fiqih siswa kelas III di MIN 1 Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) terhadap minat belajar fiqih siswa kelas III di MIN 1 Tulungagung, (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) terhadap hasil belajar fiqih siswa kelas III di MIN 1 Tulungagung, (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) terhadap minat dan hasil belajar fiqih siswa kelas III di MIN 1 Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Teknik sampling menggunakan nonprobability sampling, yaitu boring sampling atau sampling jenuh. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas III di MIN 1 Tulungagung, sampel yang diambil adalah peserta didik kelas III-A dan III-B MIN 1 Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Manova, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil uji manova angket minat diperoleh nilai Sig. sebesar 0,041. Nilai Sig.< 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) terhadap minat belajar siswa. (2) Hasil uji manova post-test diperoleh nilai Sig. sebesar 0,040. Nilai Sig. < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh model student teams achievement division (STAD) terhadap hasil belajar siswa kelas III materi puasa ramadhan, (3) Hasil uji manova angket minat dan post-test diperoleh nilai Sig. sebesar 0,013. 0,013 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) terhadap minat dan hasil belajar fiqih siswa kelas III di MIN 1 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143082 ENI RAHAYU
Date Deposited: 23 Aug 2018 03:05
Last Modified: 23 Aug 2018 03:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8818

Actions (login required)

View Item View Item