PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DAN CARD SORT PADA MATERI PELUANG KELAS VIII DI MTSN JAMBEWANGI BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018

MOHAMMAD DAHNIAL LUTFI, 1724143163 (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DAN CARD SORT PADA MATERI PELUANG KELAS VIII DI MTSN JAMBEWANGI BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (261kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (601kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa dan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Dan Card Sort Pada Materi Peluang Kelas VIII Di MTsN Jambewangi Blitar Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Mohammad Dahnial Lutfi, NIM. 1724143163, pembimbing Ummu Sholihah, M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Talking Stick, Card Sort. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kurang maksimalnya proses kegiatan belajar mengajar siswa di sekolah khususnya dalam memahami materi pada bidang studi matematika. Matematika masih dianggap sebagai momok, penuh dengan lambang-lambang, rumus-rumus yang sulit dan sangat membingungkan dengan pelaksanaan pembelajaran yang menempatkan guru lebih mendominasi pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran seperti itu yang menyebabkan siswa kurang aktif, enggan bertanya, takut atau malu untuk bertanya dan membuat siswa merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran matematika, dan secara langsung akan berpengaruh pada hasil belajar siswa dan motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran talking stick dan card sord pada materi peluang kelas VIII MTsN Jambewangi Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2017/2018; (2) Untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran talking stick dan card sord pada materi peluang kelas VIII MTsN Jambewangi Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2017/2018; (3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran talking stick dan card sord pada materi peluang kelas VIII MTsN Jambewangi Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dan jenis penelitiannya quasi experimental. Lokasi penelitian adalah MTsN Jambewangi Blitar dengan populasinya kelas VIII yang berjumlah 305 siswa, teknik samplingnya adalah Cluster Sampling, sampelnya kelas VIII D dan VIII E, variabel bebas model pembelajaran talking stick dan card sort, variabel terikatnya hasil belajar dan motivasi belajar. Metode pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, tes dan angket, analisis data dengan uji Manova. Hasil penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran talking stick dan card sort pada materi peluang kelas VIII MTsN Jambewangi Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan nilai signifikansi yaitu sebesar 0.00. karena 0.00 < 0.05. (2) ada perbedaan yang signifikan motivasi belajar yang menggunakan model pembelajaran talking stick dan card sort pada materi peluang kelas VIII MTsN Jambewangi Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan nilai signifikansi yaitu sebesar 0.00. karena 0.00 < 0.05. (3) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar dan motivasi belajar yang menggunakan model pembelajaran talking stick dan card sort pada materi peluang kelas VIII MTsN Jambewangi Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan nilai signifikansi yaitu sebesar 0.00. karena 0.00 < 0.05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143163 MOHAMMAD DAHNIAL LUTFI
Date Deposited: 08 Aug 2018 08:15
Last Modified: 08 Aug 2018 08:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8825

Actions (login required)

View Item View Item