ANIS SATUL MUFLIKHAH, 1726143005 (2018) PENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR DI KELOMPOK A RA AL UMRON 1 DESA BENDOSEWU, KECAMATAN TALUN, KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (432kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (121kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (910kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (125kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Anis Satul Muflkikhah NIM: 1726143005 “Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Bergambar Di Kelompok A RA AL UMRON 1 Bendosewu Kecamatan Talun Kabupaten Blitar” Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Tahun 2018 dibimbing oleh Luluk Atirotu Zahroh,M.Pd Kata kunci : Kemampuan Membaca Permulaan, media kartu bergambar Perkembangan basaha merupakan salah satu dari 6 bidang perkembangan anak. Kemampua berbahasa sangat penting untuk dimiliki oleh anak-anak karena bahasa merupakan sarana untuk anak bapat berkomunikasi, bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungannya. Dalam kemampuan berbasasa terdiri dari 4 ketrampilan berbahasa, salah satunya adalah ketrampilan membaca. ketrampilan membaca anak usia dini sering disebut dengan kemampuan membaca permulaan. Kegiatan belajar membaca permulaan harus diajarkan dengan cara yang tepat dan sesuai tingkat perkembangan anak. Oleh karena itu dalam penelitian ini menggunakan kartu bergambar sebagai media pembelajaran. Bagaimana penerapan kegiatan membaca permulaan melalui media kartu bergambar? Dan bagaimana peningkatan hasil dari penggunaan media kartu bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan di kelompok A RA AL UMRON 1 Desa Bendosewu Kecamatan Talun Kabupaten Blitar? Penelitian ini dapat dijadikan tambahan pengetahuan, ketrampilan dan kreatifitas guru dalam mengajar dan penelitian ini juga dapat dijadikan bahan masukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran untuk lembaga-lembaga pendidikan anak usia dini. Media kartu bergambar diterapkan dengan metode demokrasi dan menebak gambar, huruf ataupun tulisan yang ada pada kartu bergambar sehingga anak lebih menyukai kegiatan belajar membaca permulaan menggunakan media kartu bergambar dan kartu bergambar berhasil meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok A RA AL UMRON 1. Hal ini dapat di buktikan pada peningkatan hasil pencapaian kemampuan membaca permulaan siklus I dengan presentase keberhasilan 29%, kemudian naik pada siklus II dengan presentase 57% dan di akhir capaian pada siklus III mencapai 86%. Dengan presentase pada siklus I, II dan III sebagai hasil penelitian membuktikan bahwa media kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan khususnya pada kemampuan membaca permulaan kelompok A RA AL UMRON 1 Desa Bendosewu Kecamatan Talun Kabupaten Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 1726143005 ANIS SATUL MUFLIKHAH |
Date Deposited: | 09 Aug 2018 04:37 |
Last Modified: | 09 Aug 2018 04:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8848 |
Actions (login required)
View Item |