PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DAN JIGSAW PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI MTs NEGERI 6 BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018

SITI AZIZAH, 1724143228 (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DAN JIGSAW PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI MTs NEGERI 6 BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (878kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (695kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dan Jigsaw pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di MTs Negeri 6 Blitar“ ini ditulis oleh Siti Azizah, NIM: 1724143228, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Tulungagung, 2018, Pembimbing Dr. Muniri M.Pd. Kata Kunci: Perbedaan, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Ketercapaian suatu tujuan pembelajaran tidak lepas dari peranan seorang guru. Dibutuhkan inovasi-inovasi baru dalam hal pengajaran, sehingga pembelajaran yang dilakukan dapat lebih bermakna. Dengan adanya inovasi dalam pembelajaran dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran, siswa aktif dalam kegitan pembelajaran dan hasil belajar siswa meningkat. Sehubungan dengan hal di atas, peneliti ingin mengemukakan mengenai salah satu inovasi dalam pembelajaran yang efektif dan dapat mencerdasakan siswa. Inovasi tersebut adalah model pembelajaran kooperatif tipe Team game Tournament (TGT) dan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika Siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan jigsaw pada materi bangun ruang sisi datar di MTs Negeri 6 Blitar?, 2) Model pembelajaran manakah yang paling efektif digunakan antara model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan jigsaw pada materi bangun ruang sisi datar di MTs Negeri 6 Blitar?. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika Siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan jigsaw pada materi bangun ruang sisi datar di MTs Negeri 6 Blitar. 2) Model pembelajaran yang paling efektif digunakan antara model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan jigsaw pada materi bangun ruang sisi datar di MTs Negeri 6 Blitar. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian komparasi dan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Blitar. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini tidak menggunakan kelas kontrol, dimana kelas VIII B sebagai kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan kelas VIII C sebagai kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan jigsaw pada materi bangun ruang sisi datar di MTs Negeri 6 Blitar. Hasil uji statistik diperoleh nilai sebesar pada nilai tes. Dengan db dan taraf signifikansi 5% diperoleh sebesar . Sehingga maka Ho ditolak dan Ha diterima. 2) Model pembelajaran yang paling efektif digunakan antara model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan jigsaw pada materi bangun ruang sisi datar di MTs Negeri 6 Blitar adalah model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Ditunjukkan dengan nilai rata-rata siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT sebesar dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebesar . Dengan begitu diketahui bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT memiliki pengaruh besar terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143228 SITI AZIZAH
Date Deposited: 10 Aug 2018 07:08
Last Modified: 10 Aug 2018 07:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8894

Actions (login required)

View Item View Item