PENGARUH KETANGGAPAN, KEHANDALAN DAN PERHATIAN DALAM KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT ANGGOTA PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BAITUL MAAL WAT TAMWIL MUAMALAH TULUNGAGUNG

LUQMAN HAKIM, 1741143201 (2018) PENGARUH KETANGGAPAN, KEHANDALAN DAN PERHATIAN DALAM KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT ANGGOTA PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BAITUL MAAL WAT TAMWIL MUAMALAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (16MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (128kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Pengaruh Responsiveness, Reliability, dan Empaty dalam Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Anggota Pembiayaan Murabahah pada Baitu Maal Wat Tamwil Muamalah Tulungagung” ini ditulis oleh Luqman Hakim, NIM 1741143201, pembimbing M. Aqim Adlan, M.E.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh minat anggota BMT Muamalah yang merupakan hal penting dalam perkembangan BMT di Indonesia. Salah satu hal utama yang dapat mempengaruhi minat anggota adalah Responsiveness, Reliability, Empaty dalam kepuasan anggota yang harus ditingkatkan dan dikembangkan. BMT harus memperhatikan hal-hal yang dianggap penting oleh anggota, sehingga anggota merasa puas dan tidak beralih kepada lembaga lain. Rumusan masalah pada BMT Muamalah Tulungagung yaitu 1). Apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan Responsiveness terhadap minat anggota. 2). Apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan Reliability terhadap minat anggota. 3). Apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan Empaty terhadap minat anggota 4). Apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan Responsiveness, Reliability, Empaty dalam kualitas pelayanan terhadap minat anggota. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Sampel yang diambil dalam penelitian ini 32 responden anggota pembiayaan murabahah BMT Muamalah Tulungagung. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Pengukuran dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Tahap selanjutnya, hasil kuesioner dianalisis menggunakan uji instrumen data yaitu Uji Validitas dan Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik dan uji analisis data untuk menjawab rumusan masalah dengan menggunakan Uji Regresi Linier Berganda. Data yang telah memenuhi uji validitas, uji reabilitas, dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut : Y = 1,451 + 0,312 X1 + 0,473 X2 + 0,132 X3 + E Hasil penelitian ini BMT Muamalah Tulungagung menunjukan bahwa: 1). Responsivenenss berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat anggota, 2). Reliability berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat anggota, 3). Empaty berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat anggota, 4). Responsiveness, reliability, dan empaty berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat anggota. Kata kunci : responsiveness, reliability, empaty, minat anggota.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 1741143201 LUQMAN HAKIM
Date Deposited: 31 Aug 2018 02:13
Last Modified: 31 Aug 2018 02:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8981

Actions (login required)

View Item View Item