PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII MTsN NGANTRU PADA MATERI HIMPUNAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Fauria Fa'Ayyinallah, 1724143096 (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII MTsN NGANTRU PADA MATERI HIMPUNAN TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (768kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK fauria Fa'Ayyinallah, 2018, "PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII MTsN NGANTRU PADA MATERI HIMPUNAN TAHUN AJARAN 2017/2018". Skripsi,Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri(IAIN)Tulungagung, Pembimbing: Ummu Sholihah, M. Si. Kata Kunci : Model Treffinger, Berpikir Kreatif, Himpunan. Berpikir kreatif bagi siswa merupakan hal yang penting dalam memecahkan masalah. Namun, fenomena kurangnya kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah salah satu penyebabnya adalah model pembelajaran yang digunakan. Model pembelajaran yang diasumsikan mampu mengembangkan kemampuan berpikir kreatif adalah model pembelajaran treffinger. Model treffinger mengutamakan segi proses dengan menggambarkan tiga tingkatan yang dimulai dengan unsur-unsur dasar dan menanjak ke fungsi-fungsi berpikir kreatif yang lebih majemuk. Model ini dapat membantu siswa dalam menguasai konsep materi yang diajarkan dan memberikan kesempatan siswa untuk saling menyampaikan gagasan sehingga mampu mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII MTsN Ngantru pada materi himpunan tahun ajaran 2017/2018. (2) Mengetahui besar pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII MTsN Ngantru pada materi himpunan tahun ajaran 2017/2018. Dalam penelitian ini rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan true experimental desaign. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Ngantru tahun ajaran 2017/2018. Dengan menggunakan teknik simple random sampling didapatkan sampel siswa kelas VII A dan VII C. Penelitian ini menggunakan tiga metode pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan analisis dengan uji t diperoleh t-hitung=3,634 dan t-tabel=2.003 dengan db=56 pada taraf signifikansi 5%. Karena t-hitung>t-tabel maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII MTsN Ngantru pada materi himpunan. Dan untuk mengetahui besar pengaruh pada uji t digunakan rumus Cohen’s. Berdasarkan perhitungan didapatkan nilai Cohen’s d sebesar 84% yang terkategori tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S.Pd. 1724143096 Fauria Fa'Ayyinallah
Date Deposited: 20 Aug 2018 03:24
Last Modified: 20 Aug 2018 03:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9026

Actions (login required)

View Item View Item