PENGARUH METODE LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MI WAHID HASYIM BAKUNG UDANAWU BLITAR

YUNIFA SIVANA ZULFA, 1725143313 (2018) PENGARUH METODE LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MI WAHID HASYIM BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (598kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (542kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (452kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Learning Start With A Question (LSQ) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Yunifa Sivana Zulfa NIM 1725143313 dibimbing oleh Dr.Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Active Learning, Minat, Hasil Belajar. Pada kenyataannya di sekolah masih banyak guru yang menggunakan cara yang konvensional, yang dalam kegiatan belajar mengajar banyak didominasi metode ceramah. Namun tidak bisa dipungkiri, terkadang model pembelajaran cara lama seperti itu masih lebih efektif untuk beberapa siswa, lama kelamaan pasti siswa yang lain akan merasa jenuh karena hanya menjadi pendengar, akhirnya tidak fokus, malas, mengantuk dan pada akhirnya hasil belajar mereka akan menurun. Selanjutnya guru harus bisa menemukan suatu model pembelajaran yang cocok untuk kelas yang akan diajarnya. Salah satu model pembelajaran yang cocok yaitu Model pembelajaran aktif terdapat beberapa tipe diantaranya adalah Learning Start With A Question (LSQ). Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh metode pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) terhadap minat belajar peserta didik MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar ? (2) Adakah pengaruh metode pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) terhadap hasil belajar peserta didik MI Wahid hasyim Bakung Udanawu Blitar ? (3) Adakah pengaruh metode pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) terhadap minat dan hasil belajar peserta didik MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar ? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Learning Start With A Question (LSQ) terhadap minat belajar siswa MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar. (2) Untuk mengetahui pengaruh Learning Start With A Question (LSQ) terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar. (3) Untuk mengetahui pengaruh Learning Start With A Question (LSQ) terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas IV MI Wahid hasyim Bakung Udanawu Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan quasi eksperimen. Metode pengambilan data melalui angket, tes, dokumentasi dan observasi. Metode angket digunakan untuk mencari skor minat belajar di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar. Metode tes digunakan untuk mencari nilai hasil belajar di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar. Sedangkan metode dokumentasi dan observasi digunakan untuk menggali data tentang keadaan siswa sebelum penelitian, populasi, sampel, sarana dan prasarana pendidikan dan dokumen sekolah.pada penelitian ini analisis data menggunakan uji independent sample T-test.Hasil penelitian menunjukkan 1) ada pengaruh metode Learning Start With A Question (LSQ) terhadap minat belajar Fikih peserta didik kelas IV MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar dengan hasil 0,000 pada taraf signifikansi 5%, 2) ada pengaruh metode Learning Start With A Question (LSQ) terhadap hasil belajar Fikih peserta didik kelas IV MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar dengan hasil 0,009 pada taraf signifikansi 5%, 3) besar pengaruh metode Learning Start With A Question (LSQ) terhadap minat dan hasil belajar peserta didik Fikih kelas IV MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu dapat dilihat dari perhitungan uji independent sample t-test dan uji manova (multivariat of variance), mempunyai pengaruh cukup besar untuk minat belajar dan hasil belajar dengan hasil uji independent sample t-tes yaitu sebesar 0,000 dan 0,009 serta hasil dari uji manova yaitu 0,000. Hasil perhitungan tersebut dinyatakan sigifikan, maka metode Learning Start With A Question (LSQ) dapat dijadikan salah satu pembelajaran alternatif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143313 YUNIFA SIVANA ZULFA
Date Deposited: 23 Aug 2018 03:54
Last Modified: 23 Aug 2018 03:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9040

Actions (login required)

View Item View Item