EFEKTIFITAS LOGOTERAPI SUFISTIK TERHADAP TINGKAT PENYESUAIAN DIRI ANAK BINAAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS 1 BLITAR

ANA MIRA KUNITA, 1733143008 (2018) EFEKTIFITAS LOGOTERAPI SUFISTIK TERHADAP TINGKAT PENYESUAIAN DIRI ANAK BINAAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (917kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kunita, Ana Mira. 2018. Efektifitas Logoterapi Sufistik terhadap Tingkat Penyesuaian Diri Anak Binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Blitar. Skripsi, Jurusan Tasawuf Psikoterapi, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah. Dosen Pembimbing Khalimatus Sa’diyah, M.Si. Kata kunci : logoterapi sufistik, penyesuaian diri anak binaan. Penelitian ini berlatarbelakang adanya permasalahan-permasalahan yang dialami anak binaan yang baru masuk lapas. Pada umumnya permasalahan yang dialami mereka adalah penyesuaian diri di dalam lapas. Mereka harus menyesuaikan diri dengan lingkungan baru mereka. Umumnya permasalahan yang mereka alami adalah tindakan bullying dari senior dan teman-teman mereka yang telah lebih dulu masuk lapas. Hal tersebut menjadikan psikologis anak binaan menjadi terganggu dan mempengaruhi proses penyesuaian dirinya. Mereka membutuhkan penguatan-penguatan positif dari orang-orang disekitar mereka agar tetap semangat menjalani hidup di dalam lapas. Untuk itu peneliti memberika logoterapi sufistik yang fokus utamanya adalah makna hidup dan tujuan hidup. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran penyesuaian diri anak binaan di LPKA Blitar ? (2) Adakah pengaruh logoterapi sufistik terhadap tingkat penyesuaian diri anak binaan LPKA Blitar ? (3) Seberapa besar efektifitas Logoterapi sufistik terhadap penyesuaian diri?. Adapun yang menjadi tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan logoterapi sufistik terhadap tingkat penyesuaian diri anak binaan LPKA Kelas I Blitar. Pemberian logoterapi sufistik dianggap efektif karena dapat menambah rasa kebermaknaan hidup yang kemudian dapat meningkatkan penyesuaian diri anak binaan lapas khususnya anak binaan baru. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen dimana terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Eksperimen yang digunakan adalah quasy eksperimental, artinya salah satu dari variabel penelitian dilakukan manipulasi dengan memberikan perlakuan khusus. Metode yang dilakukan peneliti untuk menentukan sampel dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah melakukan pre-test dan post test dengan teknik non-probability sampling yang artinya tidak semua populasi layak dijadikan sampel. Peneliti memiliki kriteria-kriteria tertentu dalam menentukan sampel. Populasi dari penelitian ini adalah 194 anak binaan. Subyek penelitian ini sebanyak 10 anak binaan yang termasuk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala penyesuaian diri. Teknik uji validitas menggunakan rumus korelasi Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Untuk mengetahui hasil perbedaan antara kelompok kontrol dan eksperimen sebelum dan sesudan adanya terapi peneliti menggunakan uji mann-whitney. Sedangkan untuk menguji beda hasil pre-test dan posttest kelompok eksperimen menggunakan uji wilcoxon signed ranks test. Kemudian untuk mengetahui keefektifan logoterapi sufistik terhadap penyesuaian diri anak binaan menggunakan sumbangan efektif regresi linier. Dari hasil uji validitas menunjukkan nilai r = 0,404 , hasil Cronbach Alpha menunjukkan nilai 0, 957. Sedangkan dari uji beda antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menggunakan uji mann-whitney menunjukkan nilai 0,009, sedangkan uji wilcoxon signed ranks test menunjukkan nilai 0,005. Dari penghitungan tersebut dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan pada pengisian pre-test maupun posttest baik antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol maupun kelompok eksperimen saja. Sedangkan sumbangan efektif regresi linier menunjukkan nilai R Square sebesar 0,866 atau 86,6%. Dari beberapa uji tersebut dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut berarti logoterapi sufistik efektif dalam meningkatkan penyesuaian diri anak binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Tasawuf Psikoterapi
Depositing User: 1733143008 ANA MIRA KUNITA
Date Deposited: 29 Aug 2018 03:39
Last Modified: 29 Aug 2018 03:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9182

Actions (login required)

View Item View Item