M. AGUS SANGSONGKO, 1724143147 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING (TERBALIK) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ATAU DIFERENSIAL KELAS XI IPA DI SMAN 1 MOJO KEDIRI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (987kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (554kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (407kB) |
||
Text
BAB 1 .pdf Download (473kB) |
||
|
Text
BAB II .pdf Download (999kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV .pdf Download (438kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (271kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching (Terbalik) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Turunan Fungsi atau diverensial Kelas XI IPA di SMAN 1 Mojo Kediri”, ini ditulis oleh M. Agus Sangsongko, NIM 1724143147, Pembimbing Sutopo, M.Pd. Kata kunci : Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Motivasi Belajar Matematika Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena bahwa rendahnya perhatian siswa terhadap pelajaran matematika dan hanya sebagian kecil siswa yang mampu menyelesaikan soal matematika. Karena itu, diperlukan model pembelajaran yang baik agar siswa lebih mudah memahami materi dan meyelesaikan masalah mengenai materi yang diajarkan. Kemudian, pembelajaran Reciprocal Teaching (terbalik) ini merupakan model yang dirasa dapat membantu meningkatkan aktivitas, karena dengan menerapkan pembelajaran Reciprocal Teaching (terbalik) siswa diutamakan dapat menerapkan empat strategi pemahaman mandiri, yaitu: menyimpulkan bahan ajar, menyusun pertanyaan dan menyelesaikannya, menjelaskan kembali pengetahuan yang telah diperolehnya, kemudian memprediksikan pertanyaan apa selanjutnya dari persoalan yang disodorkan kepada siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching (terbalik) terhadap motivasi belajar matematika siswa pada materi turunan fungsi atau diferensial kelas XI IPA di SMAN 1 Mojo Kediri, (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching (terbalik) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi turunan fungsi atau diferensial kelas XI IPA di SMAN 1 Mojo Kediri, serta (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching (terbalik) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa pada materi turunan fungsi atau diferensial kelas XI IPA di SMAN 1 Mojo Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Adapun yang populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Mojo Kediri tahun ajaran 2017/2018. Sampel yang digunakan adalah dua kelas XI IPA di SMAN 1 Mojo Kediri, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara, tes dan angket. Hasil dari penelitian ini,(1).berdasarkan analisis data menunjukkan ada pengaruh metode Reciprocal Teaching (Terbalik) terhadap motivasi siswa kelas eksperimen XI IPA1 Di SMAN 1 Mojo Kediri. Hal ini ditunjukkan dengan nilai sig. > 0,05 atau 0,031 > 0,05 maka H0 diterima dan H1 ditolak. berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa motivasi siswa dapat dipengaruhi oleh penerapan metode Reciprocal Teaching (Terbalik).(2).Berdasarkan analisis data menunjukkan ada pengaruh metode Reciprocal Teaching (Terbalik) Terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen XI IPA1 Di SMAN 1 Mojo Kediri. Hal ini ditunjukkan dengan hasil sig. > 0,05 atau 0,035 > 0,05 maka H0 diterima dan H1 ditolak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh metode Reciprocal Teaching (Terbalik).(3).Berdasarkan analisis data menunjukkan ada pengaruh metode Reciprocal Teaching (Terbalik) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Mojo Kediri. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pada pillasi’s trace, wilks’ lambda, hotelling’s trace, dan roy’s largest root yang terdapat pada effect faktor dan diperoleh keseluruhan data yang sama yaitu sebesar 0,065. Sehingga nilai sig. >0,05 atau 0,065 > 0,05 maka H0 diterima dan H1 ditolak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh metode Reciprocal Teaching (Terbalik). Kesimpulan dalam penelitian ini berdasarkan rumusan masalah dan hipotesis penelitian yang diajukan oleh peneliti, serta analisis data yang telah dilakukan, maka kesimpulan yang didapat adalah sebagai berikut: (1). Ada pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching (terbalik) terhadap motivasi belajar matematika siswa pada materi turunan fungsi atau diferensial kelas XI IPA di SMAN 1 Mojo Kediri tahun pelajaran 2017/2018. (2). ada pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching (terbalik) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi turunan fungsi atau diferensial kelas XI IPA di SMAN 1 Mojo Kediri tahun pelajaran 2017/2018. (3). ada pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching (terbalik) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa pada materi turunan fungsi atau diferensial kelas XI IPA di SMAN 1 Mojo Kediri tahun pelajaran 2017/2018.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1724143147 M. AGUS SANGSONGKO |
Date Deposited: | 30 Aug 2018 06:10 |
Last Modified: | 30 Aug 2018 06:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9208 |
Actions (login required)
View Item |