ILMIYATUN NAJA, 1721143182 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL BERBASIS GAMBAR PADA MATERI PENGENALAN HURUF HIJAIYAH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AlQUR’AN PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB CD NGUDI HAYU SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER .pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (409kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (506kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (139kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Visual Berbasis Gambar Pada Materi Pengenalan Huruf Hijaiyah Terhadap Kemampuan Membaca Dan Menulis Al-Qur’an Pada Anak Tunagrahita Di SLB CD Ngudi Hayu Srengat Blitar”, ini ditulis oleh ILMIYATUN NAJA, NIM. 17221143182. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag, NIP. 196512152003122001. Kata Kunci: Media Visual Berbasis Gambar, Kemampuan Membaca AlQur’an, Kemampuan Menulis Al-Qur’an, Anak Tunagrahita. Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan media visual berbasis gambar. Dalam hal ini peneliti menghubungkan pengaruh media visual berbasis gambar terhadap kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an pada anak Tunagrahita di SLB CD Ngudi Hayu Srengat Blitar. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh penggunaan media visual berbasis gambar pada materi pengenalan huruf hijaiyah terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak tunagrahita di SLB CD Ngudi Hayu Srengat Blitar?. (2) Adakah pengaruh penggunaan media visual berbasis gambar pada materi pengenalan huruf hijaiyah terhadap kemampuan menulis Al-Qur’an pada anak tunagrahita di SLB CD Ngudi Hayu Srengat Blitar?. (3) Seberapa besar pengaruh penggunaan media visual berbasis gambar pada materi pengenalan huruf hijaiyah terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak tunagrahita di SLB CD Ngudi Hayu Srengat Blitar?. (4) Seberapa besar pengaruh penggunaan media visual berbasis gambar pada materi pengenalan huruf hijaiyah terhadap kemampuan menulis Al-Qur’an pada anak tunagrahita di SLB CD Nudi Hayu Srengat Blitar?. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian experimental. Subjek penelitian anak tunagrahita pada jenjang SMALB C di SLB CD Ngudi Hayu Srengat Blitar dengan jumlah siswa 6. Variabel bebas: (X) media visual berbasis gambar. Variabel terikat: (Y1) kemampuan membaca Al-Qur’an dan (Y2) kemampuan menulis Al-Qur’an. Instrumen penelitian berbentuk tes yang meliputi pretest dan posttest. Sumber data: orang, kertas dan tempat. Teknik pengumpulan data: dokumentasi dan tes. Teknik analisis data: Uji Validitas, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Manova dengan bantuan SPSS Version 25. Hasil penelitian: (1) ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media visual berbasis gambar terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak Tunagrahita yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi 0,008 kurang dari 0,05. (2) ada pengaruh penggunaan media visual berbasis gambar terhadap kemampuan menulis Al-Qur’an pada anak tunagrahita yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi 0,047 kurang dari 0,05. (3) ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media visual berbasis gambar terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an nilai signifikansi 0,008 dan terhadap kemampuan menulis Al-Qur’an nilai signifikansi 0,047 karena keduanya kurang dari 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143182 ILMIYATUN NAJA |
Date Deposited: | 04 Sep 2018 07:44 |
Last Modified: | 04 Sep 2018 07:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9212 |
Actions (login required)
View Item |