PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL GOBAG SODOR TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI KELOMPOK B (5-6 TAHUN) di TK DHARMA WANITA 01 PANGGUNGDUWET BLITAR

SITI YULFA RUBINGAH, 1726143053 (2018) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL GOBAG SODOR TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI KELOMPOK B (5-6 TAHUN) di TK DHARMA WANITA 01 PANGGUNGDUWET BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (130kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh PermainanTradisional Gobag Sodor Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Kelompok B (5-6 Tahun) di TK Dharma Wanita 01 Panggungduwet Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Siti Yulfa Rubingah, NIM. 1726143053, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Maryono, M.Pd Kata Kunci: Permainan Gobag Sodor, Perkembangan Sosial Emosional Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa pada zaman sekarang anak lebih menyukai permainan modern yaitu permainan online sehingga perkembangan sosial emosionalnya masih rendah hal ini dapat terlihat dari rendahnya kerjasama antar anak, kurangnya mempunyai sifat tanggung jawab, rendahnya rasa empati dari masing-masing anak, dan kurang terima apabila mengalami kekalahan. Untuk menciptakan perkembangan sosial emosional anak salah satunya dengan permainan tradisional gobag sodor. Diharapkan dengan permainan ini anak dapat mengembangkan kerjasama, rasa tanggung jawab, rasa empati, dan menerima apabila mengalami kekalahan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional gobag sodor terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini kelompok B di TK Dharma Wanita 01 Panggungduwet Blitar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitiannya quasi experimental design dengan bentuk desain nonequivalen control grup design serta menggunakan metode pengumpulan data berupa checklist perilaku dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh lembaga TK Dharma Wanita sekecamatan Kademangan yang digunakan sebagai objek penelitian adalah seluruh siswa kelompok B TK Dharma Wanita 01 Panggungduwet. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh data bagaimana kegiatan pembelajaran guru dan keaktifan anak. Dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana, dan prasarana pendidikan, serta dokumentasi sekolah. Berdasarkan hasil analisis data diketahui: Adanya pengaruh yang signifikan permainan tradisional gobag sodor terhadap perkembangan sosial emosional anak dengan hasil penelitian P (0,747) > I (0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan permainan tradisional gobag sodor terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini kelompok B di TK Dharma Wanita 01 Panggungduwet Kademangan Blitar. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian lanjutan dengan memberi perlakuan eksperimen yang lebih inovatif untuk mengembangkan metode pembelajaran yang bermanfaat dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 1726143053 SITI YULFA RUBINGAH
Date Deposited: 16 May 2019 04:37
Last Modified: 16 May 2019 04:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9273

Actions (login required)

View Item View Item