PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BENDA NYATA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MIN 4 TULUNGAGUNG

TANIA ISWARA WENTYNE ADRISSINA, 1725143282 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BENDA NYATA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Benda Nyata Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa di MIN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Tania Iswara Wentyne Adrissina dibimbing oleh Zun Azizul Hakim M.Psi. Kata Kunci : Media Benda Nyata, Motivasi Dan Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa rendahnya hasil belajar matematika khususnya pada materi pecahan. Hal itu dikarenakan kurangnya alat bantu yang di gunakan guru dalam menjelaskan materi hingga membuat siswa merasa bosan dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah ada pengaruh penggunaan benda nyata terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MIN 4 Tulungagung ? (2) Apakah ada pengaruh menggunakan benda nyata terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MIN 4 Tulungagung ? (3) Apakah ada pengaruh penggunaan benda nyata terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MIN 4 Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala MadrasahMIN 4 Tulungagung, sebagai sumbangan pemikiran dalam meningkatkan mutu pengajaran, bagi guru matematika MI/SD demi tercapainya proses belajar mengajar yang efektif pada peserta didik agar pembelajaran dapat membekas pada ingatan peserta didik, bagi siswa diharapkan siswa bisa meningkatkan hasil belajar matematikanya, lebih bersemangat, lebih aktif lagi dalam proses belajar mengajar sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar matematikanya, bagi peneliti lain sebagai bahan masukan dan referensi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas III MIN 4 Tulungagung yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 40 siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas III B sebagai kelas (eksperimen 1) dan kelas III A sebagai (kontrol). Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji homogenitas, uji normalitas, uji t, dan uji MANOVA. Dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan dokumentasi. Metode tes digunakan peneliti untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data terkait nilai rapot matematika siswa, data sekolah, data guru, data siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)Ada pengaruh motivasi belajar matematika siswa dengan menggunakan media benda nyata di MIN 4 Tulungagung. Hal Ini Ditunjukkan Pada Analisis Skor Hasil Observasi Dengan Menggunakan Uji Independen Sampel T-Tes. Di Peroleh perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen (M = 100,85, SD = 7,46, ) dan kelas kontrol [M = 94,70, SD = 6,7 t (38) = 2,726, p= 0,010], maka Hoditolak Ha diterima. (2) Ada pengaruh yang signifikan hasil belajar matematikasiswakelas III MIN 4 Tulungagung, pada materi pecahan dengan bantuan menggunakan benda nyata. Hal Ini ditunjukkan Pada Analisis Skorpeningkatan (gain) hasilbelajarsiswadengan Menggunakan Uji Independen Sampel T-Tesdiperoleh perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen (M = 24,25 , SD = 23,57 ) dan kelas kontrol (M = -1,00 , SD = 16,51 t (38 p= 0,00)maka Hoditolak Ha diterima.(3) Ada pengaruh penggunaan media benda nyata pada siswa kelas III dengan materi pecahan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Hal Ini Ditunjukkan Pada AnalisisMemiliki signifikan yang lebih kecil dari 0,05. Artinya nilai F untuk Pillai's Trace Wilks' Lambda Hotelling's Trace Roy's Largest Root semuanya signifikan jadi terdapat perbedaan motivasi (y1) dan hasil belajar (y2) antara siswa yang diajar dengan media benda nyata (x1).

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143282 TANIA ISWARA WENTYNE ADRISSINA
Date Deposited: 07 Sep 2018 07:03
Last Modified: 07 Sep 2018 07:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9282

Actions (login required)

View Item View Item