PENGARUH MARGIN, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP MINAT ANGGOTA PADA PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BAITUL MAAL WATAMWIL (BMT) SINAR AMANAH BOYOLANGU TULUNGAGUNG DAN BMT HARAPAN UMAT TULUNGAGUNG

PUSPITA SARI, 1741143289 (2018) PENGARUH MARGIN, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP MINAT ANGGOTA PADA PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BAITUL MAAL WATAMWIL (BMT) SINAR AMANAH BOYOLANGU TULUNGAGUNG DAN BMT HARAPAN UMAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Margin, Kualitas Produk, dan Promosi Terhadap Minat Anggota pada Pembiayaan Murabahah (studi kasus di BMT Sinar Amanah Boyolangu dan BMT Harapan Umat Tulungagung)” ini ditulis oleh Puspita Sari dengan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) 1741143289, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Tulungagung dengan Pembimbing Bapak Muhamad Aqim Adlan, S.Ag., S.Pd., M.E.I. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh perkembangan praktek ekonomi syariah semakin pesat. Ini disebabkan juga karena berkembangnya lembaga keuangan syariah yang meningkat pesat. Salah satu lembaga keuangan syariah yaitu Baitul Mal wat Tamwil (BMT). Di dalam BMT banyak terjadi persaingan guna untuk menarik minat masyarakat terhadap produk pembiayaan murabahah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Margin, Kualitas Produk, dan Promosi Terhadap Minat Anggota pada Pembiayaan Murabahah di BMT Sinar Amanah Boyolangu dan BMT Harapan Umat Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah tingkat margin berpengaruh terhadap minat anggota pada pembiayaan murabahah? (2) Apakah kualitas produk berpengaruh terhadap minat anggota pada pembiayaan murabahah? (3) Apakah promosi berpengaruh terhadap minat anggota pada pembiayaan murabahah? (4) Apakah tingkat margin ,kualitas produk dan promosi secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat anggota pada pembiayaan murabahah di BMT Sinar Amanah Boyolangu Tulungagung dan BMT Harapan Umat Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik non-probabilitas. Sementara cara pengambilan sampel menggunakan simple random sampling yaitu pemilihan sampel dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Pengukuran dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Tahap selanjutnya, uji instrumen data dengan Uji Validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik dan Regresi Linier Berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan (1) Margin berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat anggota.(2) Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat anggota. (3) Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat anggota. (4) Margin , Kualitas produk , dan Promosi secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap minat anggota pada pembiayaan murabahah di BMT Sinar Amanah Boyolangu Tulungagung dan BMT Harapan Umat Tulungagung. Kata kunci : margin, kualitas produk, promosi, dan minat anggota

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 1741143289 PUSPITA SARI
Date Deposited: 10 Sep 2018 03:14
Last Modified: 10 Sep 2018 03:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9296

Actions (login required)

View Item View Item