STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK DI MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

IMRO’ATUS ZAHRO’, 1725143127 (2018) STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK DI MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (513kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (459kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Imro’atus Zahro’, 1725143127, Strategi Guru dalam Menumbuhkan Tanggung Jawab Peserta Didik di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. H. Asrop Safi’i, M. Ag. Kata Kunci: Strategi Guru, Tanggung Jawab Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang ditemui di lingkungan sekolah yaitu perilaku yang mencerminkan rasa tanggung jawab pada diri peserta didik. Sebagai contoh melaksanakan piket, memakai atribut sekolah dengan lengkap, membuang sampah pada tempatnya, mengerjakan tugas, mengerjakan pekerjaan rumah, mengumpulkan tugas tepat waktu. Tentunya ada peran guru dibalik semua sikap yang mencerminkan tanggung jawab peserta didik. Guru menggunakan strategi untuk menumbuhkan sikap tanggung jawab pada diri peserta didik dengan menerapkan strategi dalam pembelajaran. Dalam usahanya strategi ini diwujudkan dari proses persiapan pembelajaran, proses kegiatan belajar mengajar hingga tahap evaluasi. Dengan demikian, melalui pembelajaran diharapkan sikap tanggung jawab peserta didik dapat terbentuk menjadi pribadi yang berbudi pekerti luhur dan bermartabat. Fokus penelitian dalam penelitian ini (1) Bagaimana persiapan guru dalam menumbuhkan tanggung jawab peserta didik?, (2) Bagaimana metode yang dilakukan guru dalam menumbuhkan tanggung jawab peserta didik?, (3) Bagaimana evaluasi yang dilakukan guru untuk menumbuhkan tanggung jawab peserta didik di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan persiapan guru untuk menumbuhkan tanggung jawab peserta didik, (2) Mendiskripsikan metode yang dilakukan guru untuk menumbuhkan tanggung jawab peserta didik, (3) Mendiskripsikan evaluasi yang dilakukan guru untuk menumbuhkan tanggung jawab peserta didik di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan (1) Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, (2) Kehadiran peneliti di lapangan sebagai intrumen kunci dalam mengumpulkan data, (3) Tempat penelitian adalah MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung, (4) Sumber data penelitian dibagi menjadi tiga; people (orang), place (tempat), paper(kertas/dokumen). Ketiga sumber data tersebut digunakan untuk saling melengkapi informasi dan data, (5) Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi, (6) Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, (7) Pengecekan keabsahan data pada penelitan ini meliputi: credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : (1) Persiapan yang dilakukan oleh guru dalam menumbuhkan tanggung jawab peserta didik di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung adalah mempersiapkan Silabus dan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Pengembangan keterampilan guru dalam mempersiapkan pembelajaran dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan terutama tentang penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang biasanya diadakan oleh Kelompok Kerja Guru. (2) Metode yang dilakukan oleh guru dalam menumbuhkan tanggung jawab peserta didik di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung adalah menggunakan metode keteladanan (pemberian contoh langsung), metode pembiasaan (dilakukan secara berulang atau rutin), metode bercerita (menceritakan kisah yang lalu), metode ceramah (menjelaskan dengan lisan). Formula yang dilakukan guru dalam menumbuhkan tanggung jawab pada peserta didik yaitu dengan pemberian motivasi dan nasihat.(3) Evaluasi yang dilakukan oleh guru dalam menumbuhkan tanggung jawab peserta didik di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung adalah dengan observasi (pengamatan), penilaian diri, penilaian antarpeserta didik, jurnal (catatan guru), dan wawancara. Unsur yang mendukung dalam menumbuhkan sikap tanggung jawab yaitu keluarga (orang tua, suasana rumah), lingkungan sekolah (kepala sekolah, guru, staf di sekolah), dan lingkungan masyarakat (teman bergaul, kegiatan anak dalam masyarakat).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143127 IMRO'ATUS ZAHRO'
Date Deposited: 18 Sep 2018 06:55
Last Modified: 18 Sep 2018 06:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9415

Actions (login required)

View Item View Item