PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ISTINGANAH, 1725143138 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (968kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

xvi ABSTRAK Istinganah. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dr. Muhammad Jazeri, M.Pd. Kata Kunci : Numbered Heads Together, Motivasi, Hasil Belajar Salah satu permasalahan dalam pendidikan yang mengarah pada proses pembelajaran masih menjadi topik pembahasan saat ini. Beberapa tenaga pendidik di sekolah masih ada yang menyampaikan materi pembelajaran dengan metode ceramah, sehingga peserta didik pasif dan pembelajaran hanya berpusat pada guru dan kurangnya motivasi peserta didik untuk belajar menjadi rendah sehingga berdampak pada hasil belajar. Oleh karena itu perlu adanya inovasi dalam proses pembelajaran salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Numbered Heads Together (NHT) adalah bagian dari model pembelajaran kooperatif stuktural, yang menekankan pada struktur-struktur khusus, dirancang untuk memengaruhi pola interaksi siswa. Model pembelajaran ini berbentuk kelompok yang memiliki ciri khas setiap peserta didik diberi nomor selanjutnya guru memberi soal dan Guru menunjuk seorang peserta didik secara acak mewakili kelompoknya untuk menyampaikan argumen tanpa memberitahu terlebih dahulu siapa yang akan mewakili kelompoknya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap motivasi belajar Matematika peserta didik kelas V MI Bendiljati Wetan, Sumbergempol, Tulungagung, (2) mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar Matematika peserta didikk V MI Bendiljati Wetan, Sumbergempol, Tulungagung (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap motivasi dan hasil belajar Matematika peserta didik kelas V MI Bendiljati Wetan, Sumbergempol, Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V MI Bendiljati Wetan, Sumbergempol, Tulungagung. Tehnik pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling jenuh. Sampel yang dipilih sebagai subjek penelitian adalah peserta didik kelas V A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 22 peserta didik dan peserta didik kelas V B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 16 peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal angket, soal tes dan data dokumentasi. xvii Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berpengaruh positif yang signifikan terhadap motivasi belajar, Berdasarkan uji t diperoleh thitung(2,370) > ttabel(2,021) dan signifikansi 0,023 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak, (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berpengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar, berdasarkan uji t diperoleh thitung (3,333) > ttabel(2,021) dan signifikansi 0,002 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak, (3) penerapan model pembelajaran Numbered HeadsTogether (NHT) berpengaruh positif yang signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar berdasarkan uji manova diperoleh signifikansi 0,003 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tipe NHT berpengaruh postif terhadap motivasi dan hasil belajar Matematika kelas V MI Bendiljati Wetan, Sumbergempol, Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143138 ISTINGANAH
Date Deposited: 19 Sep 2018 02:56
Last Modified: 19 Sep 2018 02:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9421

Actions (login required)

View Item View Item