STRATEGI PENGUMPULAN DANA DAN PENDISTRIBUSIAN ZAKAT, INFAQ, SHODAQOH DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN MUZAKKI (STUDI KASUS BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL TULUNGAGUNG)

ACHMAD MABRURIN, 2824133001 (2018) STRATEGI PENGUMPULAN DANA DAN PENDISTRIBUSIAN ZAKAT, INFAQ, SHODAQOH DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN MUZAKKI (STUDI KASUS BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL TULUNGAGUNG). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (264kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (85kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

xiv ABSTRAK Achmad Mabrurin, 2017. Strategi Pengumpulan Dana dan Pendistribusian Zakat, Infaq, Shodaqoh dalam Meningkatkan Kepuasan Muzakki, Studi Kasus Badan Amil Zakat Nasional Tulungagung. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing Dr. Nuraini Laitifah., SE, MM Peneltian ini dilatarbelakangi oleh tidak stabilnya pemasukan yang diterima oleh Badan Amil Zakat Nasional yang bagian dana infaq, karena kurangya kepedulian, keprcayaan, dan kurangnya pengetahuan tentang fungsi Badan Amil Zakat Nasional oleh masyarakat. Berdasarkan Undang- Undang No. 23 Tahun 2011 , pendistribusian zakat dilakukan berdasarkan skala prioritas dengan memperhatikan prinsip pemerataan, keadilan, dan kewilayahan. Untuk itu pendistribusian Zakat, Infaq, dan Shodaqoh harus dioptimalkan agar manfaatnya dapat dirasakan oleh setiap masyarakat dengan manajemen dan pengelolaan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengumpulan dana di Badan Amil Zakat Nasional Tulungagung, untuk memahami pendistribusian zakat, infaq, shodaqoh di Badan Amil Zakat Nasional Tulungagung, untuk mendiskripsikan tingkat kepuasan muzakki di Badan Amil Zakat Nasional Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didapatkan dari hasil wawancara dengan informan penelitian, dan data sekunder yang berupa laporan dan dokumen-dokumen resmi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum strategi pengumpulan dana Zakat Infaq dan Shodaqoh (ZIS), BAZNAS Tulungagung menerapkan setrategi dengan membuat Unit Pengumpul Zakat (UPZ). Dengan cara menbentuk UPZ, BAZNAS dengan sangat mudah mendapatkan uang Zakat, Infaq, dan Shodaqoh. Dalam pendistribusian/ penyaluran Zakat, Infaq dan Shodaqoh (ZIS), BAZNAS mealakukan pendistribusian hanya untuk kemaslahatan umat, itu pun dilakukan hanya di waktu tertentu. Sedangkan untuk meningkatkan kepuasan Muzakki, BASNAZ Tulungagung selalu bersikap transparan dalam hal pendistribusian dana zakat. Kata Kunci: Strategi Pengumpulan Dana, Pendistribusian ZIS, Meningkatkan Kepuasan Muzakki.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 2824133001 ACHMAD MABRURIN
Date Deposited: 19 Sep 2018 07:31
Last Modified: 19 Sep 2018 07:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9433

Actions (login required)

View Item View Item