Widiarsito, Widiarsito (2012) Pengaruh Gaya Kelekatan Anak-Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung tahun pelajaran 2011/2012. [ Skripsi ]
Text
SAMPUL-ABSTRAK.docx Download (302kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (43kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (51kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (62kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (138kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (18kB) |
Abstract
Kata kunci: Gaya Kelekatan, Prestasi Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pelajaran matematika dianggap sebagai pelajaran yang menakutkan. Sehingga sebagian anak mulai membenci matematika seiring ilmu yang harus mereka pahami. Sehingga berdampak pada prestasi mereka si sekolah. Gaya kelekatan anak-orang tua menjadi salah satu hal yang dapat mempengaruhi prestasi belajar matematika peserta didik. Dalam hal ini peneliti mencari pengaruh gaya kelekatan anak-orang tua terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana gaya kelekatan anak-orang tua peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung tahun pelajaran 2011/2012?, (2) Bagaimana prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung tahun pelajaran 2011/2012? (3), Apakah ada pengaruh gaya kelekatan orang tua-anak terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung tahun pelajaran 2011/2012?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana gaya kelekatan anak-orang tua peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung tahun pelajaran 2011/2012?, (2) Untuk mengetahui bagaimana prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung tahun pelajaran 2011/2012?, (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh gaya kelekatan orang tua-anak terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung tahun pelajaran 2011/2012? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex post facto yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung pada bulan April Sampai dengan bulan Juni 2012. Sampel dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII yang berjumlah 65 peserta didik dari populasi sebanyak 330 peserta didik. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan skala sebagai metode pengumpulan data yang dituangkan kedalam angket. Angket tersebut berisi pernyataan favorable dan unfavorable sebanyak total 40 butir soal dengan pilihan jawaban (Sangat Sesuai, Sesuai, Ragu-Ragu, Tidak Sesuai dan Sangat Tidak Sesuai). Sedangkan untuk data prestasi belajar matematika diambil dari nilai raport semester ganjil dan ulangan harian pada semester genap yang kemudian dari kedua nila tersebut diolah secara statistik untuk diambil rata-ratanya. Analisis data yang digunakan untuk mencari pengaruh gaya kelekatan anak-orang tua peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung adalah regresi linier sederhana (simple linier regression). Setelah peneliti mengumpulkan dan menganalisis data dengan Uji Regresi dihasilkan (1) Gaya kelekatan anak-orang tua peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol adalah sedang dengan nilai rata-rata 127,78 (2) Prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol adalah sedang dengan nilai rata-rata 77,28, (3) Ada pengaruh yang signifikan antara gaya kelekatan anak-orang tua terhadap prestasi belajar matematika paserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini berdasarkan pada harga F empirik yang diperoleh yaitu 28,87 lebih besar dari pada harga F teoritis sebesar 4,00 pada taraf 5% dan 7,08 pada taraf 1%. Besarnya pengaruh gaya kelekatan anak-orang tua sebesar 31,51% sedangkan 68,49% ditentukan oleh faktor lain. Hal ini berdasarkan harga r yaitu 0,561 menunjukkan bahwa korelasi antara gaya kelekatan anak-orang tua dan prestasi belajar matematika sangat signifikan. Hal ini terbuki bahwa harga r empirik jauh lebih besar dari pada harga r teoritiknya yaitu 0,254 pada taraf 5% dan 0,330 pada taraf 1%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 28 Jan 2015 08:08 |
Last Modified: | 28 Jan 2015 08:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/944 |
Actions (login required)
View Item |