SITI MAHMUDATUL KHASANAH, 1724143231 (2018) PENGARUH PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI TRIGONOMETRI SISWA KELAS X MIA 2 DI MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (518kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (721kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (504kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (575kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (580kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (559kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (154kB) | Preview |
Abstract
vii ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Pengaruh Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Materi Trigonometri Siswa Kelas X MIA 2 di MAN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Mahmudatul Khasanah, NIM. 1724143231, dengan Dosen Pembimbing Dr. Eny Setyowati, S.Pd.M.M., Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Trigonometri Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas, bahwa pendidikan dalam era sekarang mengharapkan siswa memiliki pemahaman konsep dalam mengkontruksi pengetahuan dan pemahamannya dalam memecahkan masalah terutama pelajaran matematika. Selain itu, motivasi siswa dalam belajar juga berperan penting dalam keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pada penelitian ini peneliti ingin mengetahui untuk mengetahui pengaruh pemahaman konsep dan motivasi terhadap hasil belajar materi trigonometri siswa. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemahaman konsep terhadap hasil belajar materi trigonometri siswa kelas X MIA 2 di MAN 3 Tulungagung, 2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar materi trigonometri siswa kelas X MIA 2 di MAN 3 Tulungagung, dan 3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemahaman konsep dan motivasi belajar terhadap hasil belajar materi trigonometri siswa kelas X MIA 2 di MAN 3 Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA di MAN 3 Tulungagung. Teknik Pengambilan sampel berdasarkan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, tes dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk memperoleh data tentang motivasi belajar siswa. Sedangkan, metode tes digunakan untuk memperoleh data tentang pemahaman konsep dan hasil belajar, dan metode dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, serta profil sekolah. Analisis data menggunakan teknis analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh pemahaman konsep terhadap hasil belajar materi trigonometri siswa kelas X MIA 2 di MAN 3 Tulungagung dengan nilai Sig. (0,014) < 0,05. 2) ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar materi trigonometri siswa kelas X MIA 2 di MAN 3 Tulungagung dengan nilai Sig. (0,036) < 0,05. 3) ada pengaruh pemahaman konsep dan motivasi belajar terhadap hasil belajar materi trigonometri siswa kelas X MIA 2 di MAN 3 Tulungagung dengan nilai F-hitung (11,462) > F-tabel (5% = 3,33) dan taraf nilai Sig. (0,000) < 0,05. Adapun pemahaman konsep dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar materi trigonometri sebesar 44,1% dalam kategori cukup kuat dan sisanya 55,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1724143231 SITI MAHMUDATUL KHASANAH |
Date Deposited: | 01 Oct 2018 01:12 |
Last Modified: | 01 Oct 2018 01:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9446 |
Actions (login required)
View Item |