Sholeha, Dhenish Wahyu (2012) Pengaruh Minat Belajar Matematika Siswa Terhadap Kreativitas Numerik Siswa SMPN I Pagerwojo. [ Skripsi ]
Text
BAB I acc.docx Download (36kB) |
|
Text
BAB II acc.docx Download (69kB) |
|
Text
BAB III acc.docx Download (49kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (79kB) |
|
Text
BAB V....docx Download (17kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.docx Download (19kB) |
|
Text
0.Cover Luar.docx Download (89kB) |
|
Text
1.Cover Dalam.docx Download (104kB) |
|
Text
11.Abstrak.docx Download (18kB) |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena bahwa kurangnya kesadaran dan minat orang tua terhadap pendidikan. Anggappan seperti itulah yang nantinya memupus minat belajar dari anak tersebut. Belajar matematika merupakan belajar pokok dari segala macam ilmu pengetahuan, tapi tak jarang kita jumpai bahwa dalam belajar matematika seorang siswa mengalami kesulitan, bahkan ada yang putus asa karena tidak bisa menyelesaikan soal yang diberikan oleh guru. Sebagai landasan belajar matematika tentunya harus disertai adanya minat untuk mempelajarinya, sehingga matematika tidak selalu dipandang sebagai pelajaran yang sulit dan ditakuti. Tetapi bisa menjadi pelajaran yang menyenangkan. Daya kreativitas siswa tumbuh karena adanya minat belajar matematika, dimana guru membebaskan siswa untuk berpikir sendiri menurut imajinasinya dalam proses penyelesaian soal-soal yang ada. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh antara minat belajar matematika terhadap kreativitas numerik siswa SMPN I Pagerwojo? (2) Seberapa besar pengaruh minat belajar matematika terhadap kreativitas numerik siswa SMPN I Pagerwojo?. Adapun yang menjadi Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh minat belajar matematika terhadap kreativitas numerik siswa SMPN I Pagerwojo, (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh minat belajar matematika terhadap kreativitas numerik siswa SMPN I Pagerwojo. Dalam penelitian ini digunakan metode angket, tes, dokumentasi, observasi dan wawancara (interview). Angket digunakan memperoleh data tentang minat belajar matematika, tes digunakan utnuk memperoleh data kreativitas numerik siswa. Sedangkan metode dokumentasi, observasi dan wawancara digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana dan prasarana pendidikan dan dokumen sekolah. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan korelasi Spearman dan analisis regresi. diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan pada minat belajar matematika siswa terhadap kreativitas numerik siswa SMPN I Pagerwojo. Hal tersebut dapat dilihat dari perhitungan kedua variabel didapat r=0,56 yang berarti ada korelasi yang cukup, dan koefisien determinasi r2=0,3136 atau sebesar 31,36% yang berarti minat belajar matematika siswa terhadap kreativitas numerik siswa SMPN I Pagerwojo sebesar 31,36%. Dari analisis regresi didapat Y ̅= -38,56+0,84X.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 28 Jan 2015 08:11 |
Last Modified: | 28 Jan 2015 08:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/945 |
Actions (login required)
View Item |