PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LAGU DAN TABEL PERKALIAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 2 MI DARUSSALAM KOLOMAYAN WONODADI BLITAR

RIZA BADI’ATUS SHALIHAH, 1725143254 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LAGU DAN TABEL PERKALIAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 2 MI DARUSSALAM KOLOMAYAN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (564kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (435kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Lagu dan Tabel Perkalian terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 2 MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Riza Badi’atus Shalihah, NIM. 1725143254. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I NIP 19800825 200604 1 007. Kata Kunci: Media Lagu, Tabel Perkalian, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh realitas bahwa pelajaran matematika yang sering dianggap sulit oleh peserta didik. Salah satu faktor yang memengaruhi pola pikir siswa adalah kurangnya inovasi guru dalam menyampaikan materi. Dalam menyampaikan materi seharusnya guru bisa mengemas pelajaran matematika agar lebih mudah dipahami dan menyenangkan bagi peserta didik. Dalam hal ini peneliti tertarik dengan media yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa di MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah 1. Bagaimana hasil belajar siswa kelas 2 MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar sebelum menggunakan media lagu dan table perkalian? 2. Bagaimana hasil belajar siswa kelas 2 MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar sesudah menggunakan media lagu dan table perkalian? 3. Adakah pengaruh penggunaan media lagu dan tabel perkalian terhadap hasil belajar siswa kelas 2 MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar?. Pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain NonEquivalen Control Group Desain. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Analisis data uji coba menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas dalam uji prasyarat, dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji t-test. Pada analisis data uji coba menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Pada uji validitas menunjukkan bahwa kesepuluh soal dikatakan valid karena > . Pada uji reliabilitas menunjukkan bahwa nilai tes sebesar 0,929 > 0,05 dan dikatakan reliable. Setelaha nalisis uji coba yaitu analisis uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Dengan bantuan SPSS 21 menunjukkan bahwa kedua kelas mempunyai nilai > α, dapat dikatakan kedua kelas tersebut berdistribusi normal dan homogen. Kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis, yaitu menggunakan uji t-test menunjukkan bahwa nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0,002. Berdasarkan kriteria, jika nilai probabilitasnya < 0,05 maka, data tersebut terdapat pengaruh. Dalam data ini menunjukkan bahwa 0,002 < 0,05. Jadi, dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan media lagudan table perkalian terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 2 MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143254 RIZA BADI’ATUS SHALIHAH
Date Deposited: 25 Sep 2018 07:31
Last Modified: 25 Sep 2018 07:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9509

Actions (login required)

View Item View Item