HUBUNGAN TEKNIK BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN SKI DI MTsN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

RIVATUN SOLIKAH, 1721143351 (2018) HUBUNGAN TEKNIK BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN SKI DI MTsN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Hubungan Teknik Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran SKI di MTsN Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018”, ini ditulis oleh Rivatun Solikah, NIM. 1721143351. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I, NIP. 19691206 199903 1003. Kata Kunci: Teknik Belajar dan Hasil Belajar Siswa Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah dasar bahwa kemampuan seseorang untuk memahami dan menyerap pelajaran sudah pasti berbeda tingkatnya. Ada yang cepat, sedang dan ada pula yang sangat lambat. Karenanya, mereka seringkali harus menempuh cara berbeda untuk bisa memahami sebuah informasi atau pelajaran yang sama. Maka dari itu kita memerlukan teknik belajar, teknik belajar merupakan langkah awal untuk memulai sebuah pembelajaran. Dengan menggunakan teknik belajar yang tepat maka siswa akan menemukan jiwanya dalam belajar, mereka akan merasa nyaman dan semangat untuk belajar kapanpun dan dimana pun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah .1 Adakah Hubungan Tenik Belajar Membaca Siswa Kelas VII Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tulungagung? 2. Adakah Hubungan Teknik Belajar Mendengarkan Siswa Kelas VII Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tulungagung? 3. Adakah Hubungan Teknik Belajar Menghafal Siswa Kelas VII Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tulungagung? 4. Adakah Hubungan Secara Bersama-Sama Teknik Belajar Membaca, Teknik Belajar Mendengar,Teknik Belajar Menghafal Siswa Kelas VII Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tulungagung? Metode penelitian menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan populasi siswa kelas VII di MTsN Tulungagung, yang terdiri dari 327 siswa. Dengan tekhnik diperoleh 65 siswa. Variabel bebas Teknik Blajar variabel terikat Hasil Belajar SKI, sumber data: Responden dan Dokumen. Tekhnik pengumpulan data: angket, teknik analisis data: uji validitas, reliabilitas, normalitas, linieritas, korelasi berganda dengan bantuan SPSS For Windows 16.0 . Hasil penelitian: (1)output Product Moment didapat nilai Sig. untuk teknik membaca sebesar 0,000 (p>0,05). Jadi,hipotesis diterima ada hubungan yang signifikan antara teknik membaca dengan hasil belajar SKI pada siswa kelas VII di MTsN Tulungagung, (2)output Product Moment didapat nilai Sig. untuk teknik menghafal sebesar 0,003 (p<0,05) jadi, hipotesis diterima, artinya variabel teknik mendengar berhubungan signifikan dengan hasil belajar SKI (3) output Product Moment didapat nilai Sig. untuk teknik mendengar 0.008 (p<0,05) jadi hipotesis diterima, artinya variabel teknik mendengar berhubungan signifikan dengan hasil belajar SKI, (4). Berdasarkan hasil uji korelasi diperoleh Fhitung sebesar 14,672 Menunjukkan Fhitung (14.672) > Ftabel (2,44). Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa ada hubungan yang positif dari Teknik Belajar dengan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143351 RIVATUN SOLIKAH
Date Deposited: 09 Nov 2018 02:42
Last Modified: 09 Nov 2018 02:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9533

Actions (login required)

View Item View Item