PENGARUH KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI 1 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MARIA ULVA, 1721143227 (2018) PENGARUH KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI 1 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (572kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kompetensi Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII di MTs Negeri Tulungagung” ini ditulis oleh Maria Ulva (1721143227) Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Anissatul Mufarokah, S.Ag., M.Pd. Kata kunci: Kompetensi Guru, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial dan Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena yang menunjukkan kemampuan guru dalam menguasai tugas keprofesionalannya masih rendah dan merosotnya mutu pendidikan nasional disebabkan oleh keberadaan guru yang tidak profesional. Mutu pendidikan nasional dan hasil belajar siswa dapat meningkat dengan meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Guru yang profesional harus memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui dan menganalisis ada atau tidaknya pengaruh kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui dan menganalisis ada atau tidaknya pengaruh kompetensi profesional guru mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui dan menganalisis ada atau tidaknya pengaruh kompetensi kepribadian guru mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Tulungagung. (4) Untuk mengetahui dan menganalisis ada atau tidaknya pengaruh kompetensi sosial guru mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Tulungagung. (5) Untuk mengetahui dan menganalisis ada atau tidaknya pengaruh kompetensi guru mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini termasuk penelitian korelasi, yaitu “Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan suatu variabel dengan variabel-variabel lain”. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Negeri Tulungagung yang berjumlah 337 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan mengambil perhitungan yang dikemukakan Suharsimi Arikunto. Banyaknya sampel pada penelitian ini adalah 85 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen angket. Analisis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak terhadap hasil belajar Akidah Akhlak di MTs Negeri Tulungagung. Dibuktikan dengan hasil penelitian yaitu sig.0,043<0,05 dan besar pengaruhnya dibuktikan dengan 〖 R〗_square 0,210 = 21%. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak terhadap hasil belajar Akidah Akhlak di MTs Negeri Tulungagung. Dibuktikan dengan hasil penelitian yaitu sig.0,041<0,05 dan besar pengaruhnya dibuktikan dengan 〖 R〗_square 0,247 = 24,7%. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak terhadap hasil belajar Akidah Akhlak di MTs Negeri Tulungagung. Dibuktikan dengan hasil penelitian yaitu sig.0,048<0,05 dan besar pengaruhnya dibuktikan dengan 〖 R〗_square 0,205 = 20,5%. (4) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi sosial guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak terhadap hasil belajar Akidah Akhlak di MTs Negeri Tulungagung. Dibuktikan dengan hasil penelitian yaitu sig.0,025<0,05 dan besar pengaruhnya dibuktikan dengan 〖 R〗_square 0,59 = 59%. (5) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak terhadap hasil belajar Akidah Akhlak di MTs Negeri Tulungagung. Dibuktikan dengan hasil penelitian yaitu sig.0,000<0,05 dan besar pengaruhnya dibuktikan dengan 〖 R〗_square 0,333 = 33,3%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143227 MARIA ULVA
Date Deposited: 02 Oct 2018 03:37
Last Modified: 02 Oct 2018 03:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9577

Actions (login required)

View Item View Item