MARIA ULVA, 1721143227 (2018) PENGARUH KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI 1 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (457kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (466kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (572kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (209kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (202kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (215kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kompetensi Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII di MTs Negeri Tulungagung” ini ditulis oleh Maria Ulva (1721143227) Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Anissatul Mufarokah, S.Ag., M.Pd. Kata kunci: Kompetensi Guru, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial dan Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena yang menunjukkan kemampuan guru dalam menguasai tugas keprofesionalannya masih rendah dan merosotnya mutu pendidikan nasional disebabkan oleh keberadaan guru yang tidak profesional. Mutu pendidikan nasional dan hasil belajar siswa dapat meningkat dengan meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Guru yang profesional harus memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui dan menganalisis ada atau tidaknya pengaruh kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui dan menganalisis ada atau tidaknya pengaruh kompetensi profesional guru mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui dan menganalisis ada atau tidaknya pengaruh kompetensi kepribadian guru mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Tulungagung. (4) Untuk mengetahui dan menganalisis ada atau tidaknya pengaruh kompetensi sosial guru mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Tulungagung. (5) Untuk mengetahui dan menganalisis ada atau tidaknya pengaruh kompetensi guru mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini termasuk penelitian korelasi, yaitu “Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan suatu variabel dengan variabel-variabel lain”. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Negeri Tulungagung yang berjumlah 337 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan mengambil perhitungan yang dikemukakan Suharsimi Arikunto. Banyaknya sampel pada penelitian ini adalah 85 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen angket. Analisis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak terhadap hasil belajar Akidah Akhlak di MTs Negeri Tulungagung. Dibuktikan dengan hasil penelitian yaitu sig.0,043<0,05 dan besar pengaruhnya dibuktikan dengan 〖 R〗_square 0,210 = 21%. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak terhadap hasil belajar Akidah Akhlak di MTs Negeri Tulungagung. Dibuktikan dengan hasil penelitian yaitu sig.0,041<0,05 dan besar pengaruhnya dibuktikan dengan 〖 R〗_square 0,247 = 24,7%. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak terhadap hasil belajar Akidah Akhlak di MTs Negeri Tulungagung. Dibuktikan dengan hasil penelitian yaitu sig.0,048<0,05 dan besar pengaruhnya dibuktikan dengan 〖 R〗_square 0,205 = 20,5%. (4) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi sosial guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak terhadap hasil belajar Akidah Akhlak di MTs Negeri Tulungagung. Dibuktikan dengan hasil penelitian yaitu sig.0,025<0,05 dan besar pengaruhnya dibuktikan dengan 〖 R〗_square 0,59 = 59%. (5) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak terhadap hasil belajar Akidah Akhlak di MTs Negeri Tulungagung. Dibuktikan dengan hasil penelitian yaitu sig.0,000<0,05 dan besar pengaruhnya dibuktikan dengan 〖 R〗_square 0,333 = 33,3%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143227 MARIA ULVA |
Date Deposited: | 02 Oct 2018 03:37 |
Last Modified: | 02 Oct 2018 03:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9577 |
Actions (login required)
View Item |