PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII MATERI PRISMA DAN LIMAS DI SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

DEWI QURATUL A’YUN, 1724143077 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII MATERI PRISMA DAN LIMAS DI SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (674kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (421kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (19kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (25kB)

Abstract

ABSTRAK Dewi Quratul A’yun, NIM. 1724143077, “Pengaruh Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Materi Prisma dan Limas di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tahun Ajaran 2017/2018” Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyahdan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing : Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Means-Ends Analysis (MEA), Berpikir Kritis, Prisma dan Limas. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis yang dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena guru lebih sering menerapkan model pembelajaran konvensional yang bersifat teacher center yang membuat siswa menjadi pasif, bosan, dan tidak terfokus perhatiannya pada pembelajaran. Sehingga peneliti menggunakan model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dimana nantinya siswa dapat lebih aktif, dan siswa dapat memperoleh banyak manfaat diantaranya kerjasama antar siswa, belajar menerima pendapat orang lain, dan timbulnya tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas yang diberikan. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII materi Prisma dan Limas di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2017/2018, dan 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII materi Prisma dan Limas di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Sedangkan sampel pada penelitian ini menggunakan dua kelas yakni kelas VIII-F sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-G sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan dokumentasi. Dalam analisis data peneliti menggunakan Independent Sample Test atau uji-t dan effect size menggunakan uji Cohen’s d. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang ditunjukkan dengan nilai 2,058 > 2,01063 dan 0,045 < 0,05, dan 2) besar pengaruh penggunaan model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa adalah sebesar 0,6 yang dalam tabel interpretasi nilai Cohen’s d tergolong medium dengan besar persentase 73 %.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143077 DEWI QURATUL A’YUN
Date Deposited: 25 Oct 2018 07:49
Last Modified: 25 Oct 2018 07:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9714

Actions (login required)

View Item View Item