Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah ibtidaiyah Negeri 7 Tulungagung

NINDI ALFI RIYANTI, 1725143210 (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah ibtidaiyah Negeri 7 Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (760kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Nindi Alfi Riyanti, 1725143210, Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah ibtidaiyah Negeri 7 Tulungagung. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung, Pembimbing: Drs. H. Timbul, M.Pd.I. Kata Kunci: Model CTL, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya kesadaran guru dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, serta kurang adanya strategi guru untuk menumbuhkan semangat belajar siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran. Sehingga peneliti melakukan penelitian pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL). Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Adakah pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 7 Tulungagung ?, (2) Berapa besar pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 7 Tulungagung ?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 7 Tulungagung, (2) Untuk menjelaskan besar pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 7 Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu dengan bentuk the non-equivalent posttest-only control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik nonprobabilty sampling atau teknik boring sampling atau sampling jenuh. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 7 Tulungagung, dan sampel yang diambil adalah siswa kelas IV-A dan IV-B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 7 Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji T-test yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil uji T-test post test diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000. Nilai Sig. 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV materi Kegiatan Ekonomi dan Keberagaman Karakteristik. (2) Besar pengaruh melalui hasil penghitungan effect size diperoleh nilai sebesar 1,138 dengan presentase 86% dengan interpretasi large.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143210 NINDI ALFI RIYANTI
Date Deposited: 01 Nov 2018 03:20
Last Modified: 01 Nov 2018 03:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9734

Actions (login required)

View Item View Item